Dikpora Alokasikan Dana Rehab Kelas untuk Puluhan Sekolah

LOTENG,Lomboktoday.co.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan olah Raga (Dikpora) Lombok Tengah (Loteng) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013 mengalokasikan anggaran rehab ruang kelas untuk 78 SD dan 11 SMP  yang ada di wilayah Loteng.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Loteng, H Sumum menjelaskan, rehab kelas itu diberikan peda tiap sekolah dimana masing-masing sekolah mendapatkan dana rehab antara 3 hingga 4 ruang kelas.

“Selain untuk rehab ruang kelas, DAK 2013 juga dialokasikan untuk pembangunan perpustakaan sebanyak 55 unit di 55 SD di Loteng, serta pembangunan perpustakaan sekolah SMP sebanyak 7 unit,” katanya, Jumat (1/11).

Dana tersebut juga diaokasikan untuk penambahan ruang kelas baru sebanyak 24 ruang untuk sekolah SMP dan pembangunan Lab IPA untuk SMP sebanyak 4 unit.

Ia menjelaskan, untuk pencairan DAK 2013 dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dicaikan sebanyak 40 persen yang ditransfer atas nama komite sekolah, selanjutnya tahap kedua 30 persen dan tahap ketiga 30 persen.

Besaran anggaran untuk pengadaan perpustakaan sekolah SMP sebesar Rp1,3 Miliar, dan untuk perpustakaan SD sebesar Rp6,4 Miliar.

Kemudian untuk rehab ruang kelas SD Rp8,1 Miliar dan rehab ruang kelas SMP sebesar Rp859 juta, dan untuk Lab IPA sebesar Rp854 juta. ROS

1 Komentar

  1. adiSaturday, 2 November 2013 at 11:41Reply

    program pembangunan sarana pendidikan baik juga rehab dll melalui DAK di kabupaten loteng ini merupakan langkah yang tepat. namun ada sekolah yang sempat sya kunjungi di desa Montong Ajan Dusun Torok Aik Beleq Kec Praqya Barat Daya namanya SDN TOROK AIK BELEK yang cukup memperihatinkan. sekolah ini jauh dari akses karena infrastruktur jalan yang kuarang memadai,akses yang jauh dan transportasi darat yang mahal.. perlu kiranya SDN torok ini menjadi prioritas dan cermin SD paling ujung pantai barat Daya Lombok Tengah….

Leave a Reply