Solar Mulai Langka di Lotim

Sopir Dum Truk Mengeluh

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, dalam beberapa hari terakhir ini mulai langka di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Akibat kelangkaan solar tersebut, membuat para sopir Dum Truk di daerah ini mengeluh. Parahnya lagi, harga eceran BBM jenis solar kini menembus angka Rp7.000 per liter dari harga normal Rp5.500 per liter.

”Kenapa cepat sekali habis solar di sejumlah SPBU di Lotim ini,” kata salah seorang sopir Dum Truk, Muksin dengan nada tanya.

Muksin mengatakan, mestinya pihak SPBU lebih mendahulukan masyarakat umum dalam hal pengisian BBM jenis solar maupun bensin ini. Bukan malah sebaliknya, mendahulukan jerigen yang dalam kapasitas banyak. Karena, solar itu utamanya untuk angkutan umum.

Melihat kenyataan ini, tentunya harus menjadi perhatian dari dinas/instansi terkait maupun Pertamina untuk memberikan teguran kepada para pemilik SPBU agar tidak melayani yang menggunakan jerigen.

”Masak dalam hitungan jam saja,  solar sudah habis di SPBU, gara-gara petugas SPBU lebih banyak melayani yang menggunakan jerigen. Kalau terus-terusan seperti ini, yang dirugikan adalah para sopir angkutan yang menggunakan solar.

Sementara itu, beberapa petugas SPBU di Lotim yang enggan dipublikasikan namanya, tidak menampik kalau beberapa hari terakhir ini solar cepat habis karena dipergunakan untuk omprongan tembakau.

”Memang jatah solar dari Pertamina tetap, tapi karena adanya omprongan tembakau,  makanya petani sekarang banyak membeli solar,” kata petugas di salah satu SPBU yang ada di wilayah Lotim.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply