Gubernur Panen Kedelai Perdana di Mataram

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram, HL Makmur Said, Ketua DPP Himpunan Penyuluh Pertanian Indonesia, dan Ketua DPRD Provinsi NTB, Senin (4/11), melakukan panen perdana kedelai jenis Anjasmoro di lahan seluas 2 hektar milik Kelompok Tani Pade Girang, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mataram, Cukup Wibowo, kedelai jenis Anjasmoro ini dapat dikatakan memiliki kelebihan, dibandingkan dengan kedelai jenis biasa yang selama ini di tanam para petani.

“Salah satu kelebihannya yaitu hasil produksi lebih banyak, mencapai 2,4 ton per hektar. Bandingkan dengan kedelai biasa yang hanya menghasilkan antara 1,1 ton hingga 1,4 ton saja per hektar,” kata Cukup.

Tingginya hasil produksi kedelai unggulan ini sambungnya, karena dalam satu pohon kedelai Anjasmoro mampu memproduksi 70 sampai 102 polong kedelai. Selain itu, kedelai jenis ini juga tahan terhadap penyakit tanaman, dan masa panen lebih singkat.

Kegiatan panen kedelai perdana ini tentu menjadi angin segar, ditengah kelangkaan kedelai yang pernah terjadi di Indonesia. Para perajin makanan tahu dan tempe, kala itu bahkan terpaksa menghentikan produksi, karena kedelai sebagai bahan baku utama langka di pasaran. Kalaupun ada, harganya juga sangat mahal.

Artinya, kalau para petani NTB mau menanam kedelai jenis Anjasmoro di lahan miliknya, karena sudah terbukti berhasil meningkatkan produksi, maka kebutuhan kedelai di Lombok dan Sumbawa akan tercukupi. Bahkan kalau ada kelebihan produksi, pasar luar daerah pasti sudah siap menyerap, untuk mencukupi kebutuhannya.

“Kegiatan panen kedelai ini sekaligus sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung swasembada kedelai tahun 2014 mendatang,” pungkas Cukup.GT

Kirim Komentar

Leave a Reply