Kades se-Lotim Tolak Pemangkasan ADD

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kalangan kepala desa (Kades) se-Lombok Timur menolak keras rencana Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk memotong atau memangkas Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2014 mendatang. Sebab, jika hal itu dilakukan (pemangkasan ADD, Red), maka akan menimbulkan reaksi dari seluruh kepala desa yang tergabung dalam Forum Kepala Desa Lotim.

‘’Forum Kades dan seluruh kades se-Lotim sudah sepakat untuk menolak pemotongan ADD yang rencananya akan dilakukan Pemkab Lotim tahun 2014 mendatang,’’ kata Ketua Forum Kades Lotim, Lalu Muhir kepada Lomboktoday.co.id di Selong, Senin (4/11).

Muhir mengatakan, tidak ada alasan bagi Pemkab Lotim untuk memotong ADD tersebut, karena arah sasaran dan penggunaannya sudah jelas. Apalagi desa menjadi garda terdepan sebagai corong pembangunan di Lotim. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah, agar semua program di desa itu bisa berjalan baik sebagaimana yang diharapkan masyarakat yang ada di desa.

‘’Kalau alasan Pemkab Lotim memangkas ADD hanya gara-gara ada defisit anggaran, itu bukan menjadi alasan yang logis. Karena dalam pemerintahan itu, tidak ada istilah defisit. Pemkab Lotim tidak boleh beralasan untuk melakukan rasionalisasi terhadap anggaran yang dianggap lebih,’’ ungkapnya.

Muhir yang juga Kades Bagik Payung ini menjelaskan, pihaknya telah melakukan hearing dengan pihak DPRD Lotim mengenai masalah ini, agar apa yang menjadi keluhan kades bisa ditindaklanjuti oleh DPRD ke Bupati Lotim, H Moch Ali BD. ‘’DPRD berjanji akan menindaklanjuti apa yang menjadi tuntutan kades, dan kami akan kawal masalah ini,’’ ujarnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply