Wagub Apresiasi Malam Anugerah Kampung Media 2013

974
POSE: Para penggiat Kampung Media pose bersama Wagub NTB, H Muh Amin, Ibu Gubernur NTB, Hj Erica Zainul Majdi, Kepala Dishubkominfo, Drs Agung Hartono.
POSE: Para penggiat Kampung Media pose bersama Wagub NTB, H Muh Amin, Ibu Gubernur NTB, Hj Erica Zainul Majdi, Kepala Dishubkominfo, Drs Agung Hartono.
POSE: Para penggiat Kampung Media pose bersama Wagub NTB, H Muh Amin, Ibu Gubernur NTB, Hj Erica Zainul Majdi, Kepala Dishubkominfo, Drs Agung Hartono.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin, SH., M.Si memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya Malam Anugerah Kampung Media 2013, yang dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis malam (07/11).

Menurut Wagub NTB, H Muh Amin, acara ini memiliki makna spesial, berbeda dengan malam penganugerahan lainnya. Sebab, penganugerahan kepada Kampung Media berprestasi ini, murni hasil karya dari pikiran dan tulisan masyarakat yang ingin maju, kreatif, serta bermanfaat bagi pembangunan.

‘’Kita sadari setiap langkah pembangunan harus didukung oleh partisipasi seluruh pemangku amanah, termasuk masyarakat. Dalam kaitan membangun partisipasi masyarakat, maka dibutuhkan sumber dan penyebarluasan informasi yang akurat dan bermanfaat,’’ kata Amin saat memberikan sambutan pada acara Malam Anugerah Kampung Media 2013 tersebut.

Memang patut disyukuri, kata Amin, peranan media massa dalam penyebarluasan informasi dewasa ini, telah memiliki andil untuk menggugah kepekaan dan respek masyarakat terhadap pengelolaan pembangunan dan pemerintahan. Dampaknya pun tidak hanya mengenai transparansi pengelolaan pembangunan dan pemerintahan yang lebih baik, bahkan berbagai hal telah dipublikasikan sehingga masyarakat dapat memberi opini dan reaksinya masing-masing.

Namun, fungsi media massa dalam beberapa segmentasi dan substansi, masih terbatas pada hal-hal yang menjadi isu aktual dan menjadi perhatian publik, sehingga beberapa informasi bermanfaat lainnya belum secara proporsional dapat diakomodir dan diakses oleh masyarakat luas.

Karenanya, lanjut Amin, disinilah peran strategis yang digerakkan oleh Komunitas Kampung Media. Dimana, pada wadah ini, masyarakat dapat memberikan berbagai informasi yang bermanfaat, seperti mengenai kondisi, potensi strategis, peristiwa, serta keadaan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

‘’Sejak dicanangkan Pemprov NTB lima tahun lalu, yakni pada Peringatan HUT ke-50 Provinsi NTB, 17 Desember 2008 lalu sampai sekarang (tahun 2013, Red), jumlah kampung media sudah mencapai 60 komunitas. Insya Allah komunitas ini akan terus diikhtiarkan bertambah, setidaknya ada di setiap kecamatan se-NTB, yakni 116 kecamatan,’’ ungkapnya.

Amin mengharapkan Malam Penganugerahan ini akan semakin meningkatkan semangat masyarakat, utamanya kepada para penggiat Kampung Media untuk semakin peka, aktif dan kreatif dalam mengelola informasi pembangunan secara mandiri dan berkualitas melalui wadah Kampung Media. Termasuk mengembangkan berbagai kegiatan lainnya, yang dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi NTB, Drs Agung Hartono saat memberikan pengantar menjelaskan, program Kampung Media ini merupakan ide dan gagasan masyarakat yang direspon Pemprov NTB sejak 2008 lalu, dan menjadi program terobosan di bidang penyebaran informasi berbasis komunitas. Ini bertujuan untuk meningkatkan budaya bertutur menjadi budaya menulis dan mendorong upaya ekonomi kreatif. Sehingga, sejak saat itulah Pemprov NTB memfasilitas program ini melalui Media Internet sebagai ruang berbagi cerita antar warga.

‘’Oleh Bapak Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, kami diberi target untuk membentuk komunitas Kampung Media sebanyak 50 orang hingga tahun 2013, namun antusiasme warga untuk bergabung terus meningkat dan dua tahun lebih cepat yakni 2011 lalu target itu dapat dipenuhi,’’ katanya.

Waktu terus berjalan, lanjut Agung Hartono, seiring dengan kegiatan komunitas Kampung Media melalui sambung rasa dan sambung rumah, membuahkan hasil yang gemilang. Pada 5 Desember 2011 lalu, program Kampung Media memperoleh penghargaan Universal Service Obligation (USO Award) sebagai ide kreatif dari Kemenkominfo.

Selain itu, AIPD (The Australia Partnership for Decentralisation) menilainya sebagai The Best Practise pengembangan containt media yang bisa disebarkan ke daerah lain. Itu sebabnya, melalui JPIP (The Jawa Pos Institut of Pro Otonomi), Kampung Media dijadikan salah satu materi pengembangan jurnalisme warga. Kemenkominfo juga mempercayakan pengelolaan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK dan PLIK Sentra Produktif). Inilah yang memacu peningkatan jumlah komunitas menjadi 112 yang tersebar di seluruh kecamatan se-NTB. Pemerintah kabupaten/kota se-NTB pun demikian. Melalui Dishubkominfo di masing-masing kabupaten/kota, telah menjadikannya mitra dalam penyebaran informasi di desa melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Adapun acara Malam Anugerah Kampung Media 2013 yang dihadiri oleh Ibu Gubernur NTB, Hj Erica Zainul Majdi itu, dipandu oleh pembawa acara Umar Berlian dan Aufa Febrianggi. Bahkan pada malam tersebut, juga diberikan penghargaan Kampung Media untuk 25 Duta Informasi, dan penghargaan untuk pengelola PLIK terbaik, serta hadiah khusus diberikan kepada Marwan Hakim.(AR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here