Racana IKIP Gelar Diklatsardega ke XII

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Racana IKIP Mataram menggelar Gelar Diklat Sardega ke XII yang dibuka sejak Jumat (8/11) di di Aula Handayani IKIP Mataram. Diklatsardega ini bertujuan untuk mendorong Racana IKIP Mataram menjadi Racana yang berbudaya dan berkarakter.

Dalam sambutannya saat pembukaan Diklatsardega itu, Warek III IKIP Mataram Ir. Subagio, M.Sc mengatakan, Diklat kali ini bertema Tumbuhkan Tunas Baru Racana yang kreatif, Aktual dan Berjiwa Among.

Menurutnya, jika berbicara tentang pendidikan budaya dan karakter bangsa, Undang – undang No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas telah jelas-jelas mengamanatkannya dalam pasal 3 yang menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis, serta bertanggung jawab,” ungkap Subagio.

Sementara itu, Pembina Racana Gudep 59-60 GDKM Kota Mataram, LM Iswadi Athar mengatakan, Pramuka merupakan salah satu wadah pendidikan dan pengkaderan generasi muda di bawah tanggungjawab orang dewasa dengan prinsip dasar metodik kepramukaan.

Pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda yang nota bene Gudep yang berbasis satuan pendidikan sebagai salah satu lini terdepanya juga telah jelas dirumuskan dalam UU No 12 tahun 2010 pasal 1 ayat 4.

“Bahwa pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan,” kata Iswadi.

Acara Diklatsardega tersebut dihadiri oleh Racana se- NTB, Unsur DKD, DKC dan kwarcab Kota Mataram. Diklatsardega kali ini, diikuti oleh 25 orang calon anggota baru Racana yang sebelumnya sudah mengikuti Fit and Proper Test menjadi calon anggota Racana di IKIP Mataram.

Menurut Ketua Panitia Diklatsardega Racana IKIP Mataram ke XII, Abran, kegiatan Diklatsardega ini dikemas dalam dua acara orientasi di dalam ruangan (in class) dari tanggal 8-11 Nopember 2013 dan di luar ruangan (out class) 14-16 Nopember 2014 di Pelataran Bumi Perkemahan Gunung Jae, Lombok Barat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Racana Putri, Sri Rezeki Ananda berharap dengan dilaksanakannya Diklatsardega ini merupakan langkah awal dalam pembinaan pramuka putri di Racana IKIP Mataram dalam menyiapkan kader-kader bangsa yang tangguh dalam dunia pendidikan terntunya.

Sementara Amran selaku Ketua Dewan Racana Putra menekankan pentingnya pembinaan di Racana IKIP sebagai kampus tertua di NTB tentunya Racana IKIP akan selalu tampil menjadi garda depan dalam upaya memberikan tren positif terhadap pengembangan keilmuan ke depan.

“Sehingga pramuka ini menjadi wahana pengembangan terhadap mahasiswa-mahasiswi di IKIP Mataram,” pungkasnya. LTD

Kirim Komentar

Leave a Reply