Meriahkan Tahun Baru Hijriah, Budpar Lotim Gelar Festival Budaya

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1435 Hijriah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Lombok Timur, menggelar festival budaya daerah, Jumat malam (8/11) yang diisi dengan lomba tari, gambus tinggal, teater dan lomba band, yang semuanya dikemas bernuansa islami.

Untuk lomba tari dari puluhan peserta dari 20 Kecamatan, keluar sebagai juara umum sanggar tari Algoritma Kecamatan Pringgabaya, lomba teater keluar sebagai pemenang utama yaitu sanggar seni Tembang Jagat Kecamatan Masbagik, untuk lomba gambus juara pertama diraih M Nurudin alias Amat Bocong. Sedang untuk lomba band peraih juara pertama yaitu Band Indra Kila SMA 1 Selong.

Kepala bidang pariwisata Dimas Budpar Lombok Timur, H Lukmanul Hakim mengatakan, festival budaya daerah yang digelar tersebut, semua bernuansa religi, digelar di lapangan Tugu Selong.

“Kegiatan ini digelar untuk memeriahkan peringatan tahun batu Islam sehjngga judul lagu maupun  pementasan yang ditampilkan bernuansa religi,” katanya, Sabtu (9/11).

Menurut Lukman, kegiatan serupa perlu untuk terus dikembangkan, mengingat sekarang ini seni budaya itu sudah mulai memudar, seiring perkembangan era globalisasi sekarang ini.

“Banyak  generasi muda kita yang tidak mengenal khasanah budaya, sehingga melalui pagelaran festival ini, salah satu langkah memberikan pengetahuan dan informasi pada masyarakat. Seni budaya daerah ini harus diperkenalkan kepada generasi muda termasuk menjaga dan melestarikan,” ucapnya.

Ia menyatakan, festival budaya ini juga merupakan salah satu langkah pelestarian, melindungi, dan mengembangkan budaya.

“Tak dipungkiri, dari sisi pengembangan seni budaya yang ada sudah mulai lemah,  dan mengalami kendala untuk berkembang, khususnya budaya daerah,” jelasnya. DIM

Kirim Komentar

Leave a Reply