Ratusan Pencari Kerja Serbu Job Fair 2013

PENCARI KERJA: Ratusan pencari kerja terlihat sedang mengunjungi berbagai stan yang menawarkan sekitar 700 lowongan pekerjaan dalam kegiatan Job Fair 2013 yang berlangsung di lantai pertama Mataram Mall.(Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)
PENCARI KERJA: Ratusan pencari kerja terlihat sedang mengunjungi berbagai stan yang menawarkan sekitar 700 lowongan pekerjaan dalam kegiatan Job Fair 2013 yang berlangsung di lantai pertama Mataram Mall.(Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)
PENCARI KERJA: Ratusan pencari kerja terlihat sedang mengunjungi berbagai stan yang menawarkan sekitar 700 lowongan pekerjaan dalam kegiatan Job Fair 2013 yang
berlangsung di lantai pertama Mataram Mall. (Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Sejak mulai dibuka untuk umum, Rabu siang (13/11), pameran bursa kerja atau Job Fair 2013 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, di lantai I Mataram Mall, langsung diserbu ratusan pencari kerja.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (13-14 November 2013) itu, diikuti oleh 30 perusahaan yang beroperasi di NTB, diantaranya Bank NTB, Bank Bukopin, Hotel Santhosa, Hotel Jayakarta, Rumah Sakit Harapan Keluarga, Alfamart, BPR Primanadi, dan lainnya. Selain itu, Kementerian Tenaga Kerja RI yang hadir sebagai undangan, juga membawa berbagai lowongan kerja dari perusahaan sekitar Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi).

Menurut Kepala Disnakertrans NTB, H Wildan, ada sekitar 700 lowongan pekerjaan yang ditawarkan dalam Job Fair 2013 kepada para pencari kerja di NTB. ‘’Perusahaan yang paling banyak mencari tenaga kerja, sebanyak 400 lowongan pekerjaan, yaitu Alfamart, perusahaan perbelanjaan yang kini sedang berkembang di NTB,’’ katanya.

Disampaikan, data BPS NTB pada Agustus 2013 menyebutkan, bahwa jumlah angkatan kerja yang ada di NTB telah mencapai sebanyak 2.094.550 orang, terdiri dari 1.981.842 orang yang sudah bekerja, dan sisanya sebanyak 112.708 orang masih menganggur.

‘’Melalui kegiatan-kegiatan seperti pameran bursa kerja ini, diharapkan bisa memfasilitasi antara perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja, dengan para pencari kerja,’’ ujar Wildan.

Terpenting lanjutnya, ajang ini bisa menyerap jumlah pengangguran yang ada di NTB, mengingat selama ini jumlah lowongan kerja yang tersedia masih ‘’timpang’’ (terbatas), dibandingkan dengan jumlah pencari kerja yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Sementara itu, Lilik Setyarini, utusan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya Job Fair 2013 di Mataram.

‘’Pemerintah Pusat (RI), pada tahun 2013 ini sedang giat-giatnya menciptakan dunia kerja, baik formal maupun informal. Salah satunya adalah mewujudkan 1 juta network (jaringan) kesempatan kerja, yang diharapkan bisa menurunkan angka pencari kerja sebanyak 2,1 persen,’’ jelas Lilik.

Job Fair, atau apapun namanya yang berpotensi dapat memberikan kesempatan bekerja kepada para pencari kerja (Pengangguran) lanjutnya, pasti akan didukung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

‘’Kami berharap kegiatan ini tidak hanya bersifat temporary (sewaktu-waktu) saja, tetapi bisa berkesinambungan, dan menjadi agenda tahunan dari pemerintah daerah,’’ harap Lilik.(GT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *