Siswa Madrasah Raih 9 Medali

Di Ajang KMS dan Aksioma Nasional

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Siswa dan siswi Madrasah yang mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk berkompetisi di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) yang berlangsung di Malang, Jawa Timur dari tanggal 5-9 November 2013, berhasil mengharumkan nama Provinsi NTB di kancah nasional.

Betapa tidak, utusan Provinsi NTB dari siswa madrasah ini, berhasil membawa pulang 9 (sembilan) medali di ajang bergengsi di kalangan madrasaha tingkat nasional tersebut. Bahkan salah seorang siswi MTs Negeri 1 Mataram kelas VIII, Bq Fadilah Aisyah berhasil menyabet medali Emas di lomba Sains untuk bidang mata pelajaran Biologi.

Kepala Bidang Mapenda Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H Jalalussayuti mengaku bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa madrasah asal NTB, baik itu madrasah negeri maupun swasta yang menjadi wakil Provinsi NTB di ajang KSM dan Aksioma di Malang, Jawa Timur.

‘’Prestasi siswa madrasah NTB di ajang nasional ini sangat membanggakan, terlebih lagi berhasil meraih 9 medali. Kita berharap kedepannya prestasi yang diraih di ajang nasional semakin gemilang,’’ kata Jalal di Mataram, Rabu (13/11).

Selain mendapatkan 1 medali Emas, peserta KSM dan Aksioma di Malang asal Madrasah di NTB juga berhasil mendapatkan 2 medali Perak dan 5 medali Perunggu. Medali Perak diraih pada mata lomba MTQ untuk peserta Aksioma oleh siswai MI swasta asal Kota Bima. Sementara untuk medali Perunggu didapat dari mata lomba Sains untuk bidang Ekonomi oleh siswa MAN 1 Mataram, Matematika oleh siswa MTs asal Lombok Timur, Matematika siswa MI swasta di Lombok Tengah, Matematika diraih siswa MA swasta asal Lombok Timur dan bidang Fisika diraih siswa MA negeri Sumbawa Barat.

Sementara siswa asal MA Negeri 2 Mataram yang menjadi mercusuar dan juga andalan Kanwil Kemenag Provinsi NTB tidak satupun siswanya meraih medali di ajang tersebut. Padahal dari sisi input yang diterima MAN 2 Mataram ketika PPDB dan juga keberadaan sarana prasarana dan fasilitas pembelajaran lainnya, MAN 2 Mataram menjadi nomor wahid di Provinsi NTB di kalangan madrasah.(MN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *