Kanim Mataram akan Terapkan Pelayanan Berbasis IT

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Kantor Imigrasi (Kanim) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menerapkan pelayanan penerbitan dokumen keimigrasian berbasis informasi dan teknologi (IT), dalam waktu dekat. Upaya ini merupakan langkah peningkatan pelayanan Kanim Mataram kepada masyarakat Lombok, dan NTB secara umum.

Tenta Pradjasa

Tenta Pradjasa

“Saat ini kita sedang persiapkan sistem dan peralatannya, dalam waktu dekat akan kita launching. Dengan pelayanan berbasis IT ini pembuatan dokumen keimigrasian seperti pasport dan lainnya, akan lebih efisien nantinya,” kata PLT Kepala Kanim Mataram, Tenta Pradjasa, Jumat (29/11).

Dijelaskan, dengan pelayanan berbasis IT itu, pengurusan dan pembuatan dokumen keimigrasian di Kanim Mataram tidak lagi dilakukan secara manual, namun menggunakan jaringan online komputer.

Masyarakat pemohon dokumen keimigrasian, juga bisa langsung memeriksa progress pembuatan dokumen mereka secara online melalui internet, maupun melalui SMS center yang akan disediakan.

Arus permohonan dokumen Keimigrasian di Kanim Mataram selama ini cukup tinggi. Apalagi NTB merupakan daerah kedua terbesar sebagai pengirim TKI ke luar negeri.

Berdasarkan catatan Kanim Mataram, rata-rata perhari jumlah permohonan pasport baru dan perpanjangan dokumen keimigrasian mencapai 150 hingga 200 buah.

“Setelah diterapkan sistem IT ini, kami harap pelayanan akan lebih ceat dan efisien. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” katanya. (GRA)

Kirim Komentar

Leave a Reply