Jabatan Kakanim Mataram Diserahterimakan

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Jabatan Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Mataram, diserahterimakan dari Kakanim Mataram, I Wayan Sudana kepada Pelaksana Tugas (PLT) Kanim Mataram, Tenta Pradjasa. I Wayan Sudana yang sudah 11 bulan menjabat  Kanim Mataram, memasuki masa purna bhakti, pensiun pertanggal 1 Desember ini.

Sertijab Kakanim Mataram dari I Wayan Sudana kepada Pelaksana Tugas (PLT) Kanim Mataram Tenta Pradjasa, Jumat sore (29/11) di aula Kanim Mataram disaksikan oleh Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi NTB, Agusta Konsti Embly.(Lomboktoday.co.id/P Nugraha)

Sertijab Kakanim Mataram dari I Wayan Sudana kepada Pelaksana Tugas (PLT) Kanim Mataram Tenta Pradjasa, Jumat sore (29/11) di aula Kanim Mataram disaksikan oleh Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi NTB, Agusta Konsti Embly.(Lomboktoday.co.id/P Nugraha)

Serahterima jabatan (Sertijab) Kanim Mataram sekaligus pengantar purna bhakti untuk I Wayan Sudana, Jumat sore (29/11), dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTB, Agusta Konsti Embly, di aula Kanim Mataram, berlangsung cukup meriah dalam suasana penuh keakraban dihadiri seluruh jajaran karyawan Kanim Mataram.

Usai menandatangani berkas sertijab, mantan Kanim Mataram I Wayan Sudana mengatakan, sudah cukup banyak yang ia lakukan bersama jajaran Kanim Mataram untuk mendorong kemajuan Kanim Mataram dari sisi pelayanan untuk masyarakat, selama 11 bulan menjabat Kanim Mataram.

Selain memprogramkan renovasi fisik bangunan Kanim Mataram, Wayan dan jajarannya juga mendorong perbaikan sistem pelayanan pada kantor “penerbit Pasport” itu, salah satunya dengan menggagas sistem pelayanan berbasis informasi teknologi (IT).

“Sejak saya menjabat Kanim, ada banyak kritik dan masukan untuk Kantor Imigrasi ini, dari banyak pihak. Dari situ saya mencoba untuk membenahi agar pelayanan kita lebih maksimal dan masyarakat juga merasa lebih nyaman. Salah satunya dengan mengupayakan renovasi kantor ini, walau harus bekerja keras bersama jajaran,” katanya Wayan yang sudah mengabdi sebagai PNS di Imigrasi selama 34 tahun itu.

Wayan berterimakasih pada seluruh karyawan jajaran Kanim Mataram, yang dinilai sudah bekerja maksimal mengupayakan peningkatan pelayanan pada masyarakat, selama ia menjabat Kanim. Ia juga meminta maaf bila selama kepemimpinannya ada kesalahan dan kehilapan yang terjadi baik disengaja atau pun tidak disengaja, seraya berharap agar program-program yang sudah berjalan bisa dilanjutkan oleh pejabat Kanim Mataram selanjutnya.

“Saya juga berpesan pada semua rekan di Kanim Mataram, agar memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Jangan pernah menyepelekan masyarakat kecil, orang kecil. Sebab ibarat korek api yang kecil, dia bisa membakar gedung yang besar,” katanya.

Ia menekankan bahwa kritik, masukan, dan keluhan yang disampaikan untuk pelayanan di Imigrasi, adalah pemicu untuk menjadi lebih baik lagi, dan jangan diartikan sebagai sesuatu yang mengancam.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi NTB, Agusta Konsti Embly mengatakan, sertijab Kanim Mataram kepada PLT Kanim dilakukan untuk mengisi kekosongan pascapurnabhakti I Wayan Sudana. Tenta Pradjasa ditunjuk sebagai PLT sampai ada pejabat Kanim yang definitif.

Menurut Agusta, selama menjabat sebagai Kanim Mataram, I Wayan Sudana sudah menunjukan dedikasi yang baik dalam masa terakhir pengabdiannya.

“Saya tidak bisa mengatakan pak Wayan sukses, karena sukses itu bukan sebuah tujuan melainkan sebuah proses perjalanan.

Tapi ibarat lomba lari, saya bisa bilang pak Wayan sudah mencapai finish dan pak Wayan menjadi pemenangnya, karena tidak semua orang bisa mencapai finish dengan baik. Pasti ada yang tersandung, ada yang keseleo, jadi saya ucapkan selamat untuk pak Wayan,” katanya sambil sedikit berfilosofi.

Agusta mengatakan, di penghujung masa tugasnya, I Wayan Sudana tetap menunjukan kinerja yang andal yang akhirnya ikut memberi semangat pada bawahan dan karyawan Kanim Mataram secara umum, untuk memberikan kinerja terbaiknya.

Salah satunya adalah upaya renovasi kantor Kanim yang dihajadkan untuk kenyamanan masyarakat pemohon dokumen keimigrasian, dan juga untuk peningkatan pelayanan.

Ia berharap agar PLT Kanim Mataram Tenta Pradjasa bisa melanjutkan apa yang sudah dilakukan pejabat Kanim sebelumnya, dan terus berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

“Ke depan untuk PLT Kanim, saya harapkan melanjutkan apa yang sudah ada. Kantor (Imigrasi) yang sudah bagus, jangan sampai pegawainya tidak bagus. Kantor yang sudah cantik, pegawainya pun harus cantik dalam memberikan pelayanan,” katanya.

Sementara itu, PLT Kanim Mataram, Tenta Pradjasa mengatakan, ia bersama jajaran Kanim Mataram akan berusaha maksimal meneruskan program yang sudah ada dan terus berupaya meningkatkan pelayanan di Kanim Mataram.

Program yang harus segera terealisasi, menurut Tenta, adalah penerapan sistem pelayanan berbasis IT di Kanim Mataram, yang direncanakan akan dilaunching dalam waktu dekat.

“Saat ini kita sedang persiapkan kelengakapan alatnya. Paling tidak dua minggu ke depan sudah bisa dimulai sistem pelayanan berbasis IT itu,” katanya.(GRA)

Kirim Komentar

Leave a Reply