Kerukunan Umat Beragama di Mataram Dapat Pujian

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Kerukunan antar umat beragama di Kota Mataram mendapat apresiasi dan pujian dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, dalam kunjungan mereka ke Kota Mataram, Sabtu (30/11).

Ketua FKUB Kota Pasuruan,  H Ali Iqbal menyampaikan ketertarikan pihaknya mengunjungi Kota Mataram untuk studi banding, telah direncanakan sejak setahun yang lalu. Kuatnya keinginan melakukan studi banding ke Kota Mataram didasarkan banyaknya kesamaan antara kedua daerah.

Sebagai Ibukota Provinsi NTB, Kota Mataram diakui memiliki sejumlah keunggulan yang layak untuk dipelajari. Seperti keberagaman penduduk serta mayoritas penduduk yang beragama Islam juga menjadi daya pikat tersendiri bagi FKUB Kota Pasuruan untuk mengetahui lebih dekat suasana kehidupan beragama di Kota Mataram.

Sementara itu, Walikota Mataram yang diwakilkan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Mataram, Makmun menjelaskan, berbekal Visi Mewujudkan Kota Mataram yang Maju Religius dan Berbudaya, Kota Mataram ingin
mengedepankan aspek kebersamaan dalam membangun kota.

Keberagaman yang ada bukan menjadi kendala yang berarti bagi Pemerintah Kota dalam melaksanakan program pembangunan.

“Suasana kondusif yang tercipta di Kota Mataram tidak terlepas dari daya dukung masyarakat yang juga menginginkan situasi yang aman dan damai di Kota Mataram,”terangnya.

Sebagai pelaksana pembangunan, lanjut Makmun, pemerintah memiliki peran sentral dalam menjaga harmonisasi kehidupan bermasyarakat dan beragama. Dalam Tri Kerukunan umat beragama dimana salah satunya yakni kerukunan
umat beragama dengan pemerintah menjadi aspek yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Sejumlah permasalahan keagamaan yang muncul di tengah masyarakat kerap dapat segera diatasi dengan mediasi yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kerjasama serta komunikasi yang intens antara pemerintah dengan FKUB Kota Mataram juga menjadi salah satu penentu dalam menciptakan suasana kerukunan umat beragama di Kota Mataram,” pungkasnya. MN

Kirim Komentar

Leave a Reply