Jajaran PKK Mataram Ikut Sosialisasi BPJS

MATARAM,Lomboktoday.co.id  – Menjelang transformasi PT Askes (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada 1 Januari 2014 mendatang, PT Askes terus menggencarkan sosialisasi,  untuk memastikan masyarakat memperoleh informasi yang tepat mengenai layanan PT. Askes (Persero) pasca peralihan.

Jajaran Tim Penggerak (TP) PKK Kota Mataram, Rabu (18/12), mendapat giliran menerima sosialisasi dari PT Akses Cabang Mataram.

Dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh  mengatakan, PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang memiliki peran penting sebagai jembatan bagi tersampaikannya informasi mengenai peralihan PT. Askes (Persero) menjadi BPJS, beserta perubahan-perubahan yang menyertainya kepada masyarakat di tingkat terbawah.

“Anggota PKK Mataram dapat meneruskan informasi yang diperoleh kepada masyarakat melalui organisasinya masing-masing, sehingga tidak ada masyarakat yang tidak mengetahui informasi mengenai BPJS,” kata Suryani Abduh.

Sementara itu perwakilan dari PT. Askes (Persero) Cabang Mataram,  Nanik mengatakan, dalam perubahannya nanti BPJS Kesehatan akan melebarkan pelayanannya kepada masyarakat umum. Tidak lagi hanya kepada PNS, pensiunan, TNI, Polri, Veteran, dan Perintis Kemerdekaan beserta anggota keluarganya saja seperti saat masih menjadi PT. Askes (Persero).

Hal ini untuk menyambut diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 2014 mendatang yang target akhirnya adalah cakupan semesta pada Januari 2019, memastikan seluruh rakyat Indonesia memiliki jaminan kesehatan. Bila PT Askes merupakan badan hukum persero di bawah Kementerian BUMN untuk para PNS, TNI, Polri, Pensiunan, Veteran, dan Perintis Kemerdekaan, BPJS adalah badan hukum publik yang langsung bertanggung jawab kepada Presiden untuk mengelola jaminan kesehatan seluruh rakyat Indonesia serta berlaku secara nasional.

Pada kesempatan tersebut, peserta sosialisasi mendapat penjelasan mengenai perubahan-perubahan yang menyertai peralihan PT. Askes (Persero) menjadi BPJS. Selain melebarkan cakupan keanggotaan kepada masyarakat umum, juga mengenai penambahan jumlah tanggungan maksimal dalam satu keluarga dari empat orang (ayah, ibu, dan dua anak) menjadi lima orang (ayah, ibu, dan tiga anak). Tidak menutup kemungkinan pula adanya penambahan jumlah anggota keluarga tanggungan, dengan menambah iuran sebanyak 1% dari gaji pokok per satu orang anggota keluarga tambahan.

Untuk pendaftaran peserta baru, PT. Akses (persero) menyediakan beberapa pilihan cara pendaftaran. Baik secara langsung ke Kantor BPJS Kesehatan di Jl. Bung Karno Mataram, atau melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id. BPJS juga akan memasang sistem online dengan Dinas Dukcapil Kota Mataram, dalam kaitannya dengan kepemilikan data yang telah tercatat pada Kartu Keluarga dan e-KTP. Untuk informasi lebih lanjut, disediakan pula hotline service bagi para peserta dan calon peserta BPJS dengan nomor telepon 08133996777.(MN)

Kirim Komentar

Leave a Reply