Lotim akan Bangkitkan Kembali Budidaya Rumput Laut

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bertekad untuk membangkitkan kembali budidaya rumput laut yang dulu pernah mengalami masa kejayaan.

ilustrasi/lomboktoday.co.id

ilustrasi/lomboktoday.co.id

“Lotim dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Indonesia, tapi beberapa tahun terakhir mengalami keterpurukan karena pengelolaan yang salah. Tahun 2014 nanti kita bertekad membangkitkan kembali budidaya rumput laut ini,” kata Wakil Bupati Lotim, H Haerul Warisin, Rabu (18/12).

Menurut Haerul, penguatan kapasitas masyarakat petani rumput laut akan dilakukan untuk mengubah cara pengelolaan lebih baik lagi.

Pemerintah juga akan memberikan bantuan-bantuan stimulan untuk mendorong budidaya rumput laut tersebut. Namun, agar tidak terjadi dan bantuan bergulir yang macet dan stagnan, seperti tahun-tahun sebelumnya, ia juga meminta para petani rumput laut agar mulai membenahi mental dan moralitasnya.

“Kalau moralitas petani rumput laut ini baik, maka nama besar Lotim sebagai penghasil terbesar (rumput laut) akan dapat diraih kembali,” tegasnya. (DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply