Pasar Terapung Jenggik Terkesan Mubazir

PASAR TERAPUNG: Inilah kondisi Pasar Terapung di Sikur Lombok Timur.

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pembangunan pasar terapung di wilayah Desa Jenggik, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, terkesan mubazir.

PASAR TERAPUNG: Inilah kondisi Pasar Terapung di Sikur Lombok Timur.
TERKESAN MUBAZIR: Pembangunan pasar terapung di Desa Jenggik, Kecamatan Terara, Lombok Timur, terkesan mubazir. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Hingga kini bangunan pasar yang menelan biaya miliaran rupiah dari bantuan Kementerian Perdagangan, itu belum juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim maupun masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Dari sejak selesai dibangun Pasar terapung tersebut pada Bupati sebelumnya hingga Bupati sekarang belum dimanfaatkan dengan maksimal,” kata Wakil Ketua DPRD Lotim, Ummy Sarkawi kepada Lomboktoday.co.id, Kamis (19/12).

Padahal, lanjut dia, hajat pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan pasar terapung tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan tingkat perekonomian masyarakat sekitarnya ke arah yang lebih baik lagi.

Pembangunan pasar itu tadinya disediakan agar masyarakat bisa menjajakan berbagai macam makanan khas yang ada di Lotim, termasuk tempat pemerintah daerah untuk menjual berbagai macam hasil kerajinan, sehingga bisa dikenal oleh orang lain. Karena lokasinya juga sangat strategis pasar terapung tersebut yang berada di jalan negara Mataram-Labuhan Lombok menuju Pulau Sumbawa dan begitu juga sebaliknya.

Namun dalam kenyataan di lapangan justru setelah jadi pasar terapung itu banyak Ruko atau Kios yang tidak ditempati.

“Kalau dimanfaatkan pasar terapung itu dengan maksimal, maka tentunya akan bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Lotim,” ujar Ummy Sarkawi yang juga politisi Partai Bintang Reformasi (PBR).

Ia mengatakan memang sebelumnya para pedagang dan masyarakat mengeluhkan pasar terapung tidak dilengkapi dengan air dan MCK, akan tetapi setelah ada malah tidak dimanfaatkan.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *