DPRD Rencanakan Sidak ke RSUD KLU

2 minutes reading
Tuesday, 24 Dec 2013 13:11 0 371 Editor

KLU,Lomboktoday.co.id – Beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lombok Utara (KLU)  sejak beberapa bulan lalu, ternyata tak mengurangi konsentrasi pengawasan pihak DPRD KLU. Bahkan rencananya, Komisi I DPRD dalam waktu dekat ini akan turun menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke gedung fasilitas kesehatan daerah yang menghabiskan anggaran leih dari Rp20 Miliar itu.

“RSUD masih menjadi focus perhatian. Kami menilai kondisi fisik bangunan tidak sebanding dengan jumlah anggaran yang gelontorkan, terlebih hingga kini masih banyak ruangan yang belum bisa difungsikan untuk pelayanan. Rencanaya kami akan gelar sidak dalam waktu dekat ini,” tukas Sekretaris Komisi I DPRD KLU, Ardianto. SH kepada Lomboktoday.co.id, Selasa (24/12).

Ditambahkan Ardianto, beberapa ruangan yang sejatinya sudah dapat difungsikan untuk menampung pasien rawat inap juga masih terlihat kosong dan belum dilengkapi fasilitas atau alat-alat kesehatan, seperti bad (tempat tidur pasien-red), lemari pasien, dan beberapa alat medis lainnya.

“Harusnya perlengkapan dan alat-alat untuk semua ruangan sudah bisa dipenuhi. Kalau seperti ini baut apa dibangun dengan anggaran besar tapi tidak bisa difungsikan. Parahnya lagi beberapa kontruksi bangunan khususnya dibagian dinding dan atap banyak yang sudah retak dan bocor,” cetusnya.

Ardianto juga menyinggung besarnya anggaran untuk pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) Dikes tahun 2012, yang mencapai angka Rp. 15 miliar. Pasalnya hingga kini, belum jelas keberadaan fisik Alkes dan seberapa banyak yang sudah didistribusikan ke puskesmas-puskesmas.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan KLU, dr. Benny Nugroho, mengatakan, secara umum gedung RSUD sudah bisa difungsikan seutuhnya, hanya saja untuk beberapa ruangan yang masih kosong akan segera dilengkapi.

“Beberapa bagian kontruksi bangunan yang sempat retak-retak akibat gempa beberapa waktu lalu sudah diperbaiki. Sementara untuk ruangan yang masih kosong segera akan di lengkapi,” katanya.(DNU)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA