Banjir Bima Dipicu Curah Hujan Ekstrim

1 minutes reading
Thursday, 26 Dec 2013 15:35 0 640 Editor

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Kepala BMKG Bima, Catur Winarti SP menjelaskan, banjir di Kabupaten Dompu dan Bima terjadi karena curah hujan ekstrim pada Selasa (24/12) hingga Rabu (25/12). Kondisi itu dipicu adanya pusat tekanan rendah dan pertemuan angin di daerah NTB.

“Curah hujan yang terjadi di Bima dan sekitarnya pada Selasa hingga Rabu tergolong hujan ekstrim di atas 100mm selama lebih dari 24 jam. Ini memang bukan tropikal siklon, tapi curah hujan yang ektrim itu berdampak pada luapan debit air sungai yang menyebabkan banjir,” katanya, saat dihubungi dari Mataram, Kamis (26/12).

Menurutnya, BMKG Bima sudah mengeluarkan edaran berupa warning kepada Pemda Bima dan Dompu beserta instansi terkait lainnya, terkait potensi banjir akibat curah hujan ekstrim itu.

“Imbauan waspada juga sudah kami sarankan untuk pelayaran dan nelayan, karena tinggi gelombang di perairan Bima dan sekitarnya masih di atas 2 meter,” katanya.

BMKG Bima mempredikasi curah hujan ektrim dan pusat tekanan angin masih akan terjadi di Bima dan sekitarnya hingga Jumat (27/12).(GRA)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA