Penyebab Tenggelam KMP Munawar masih Diselidiki

Agung Hartono

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Penyebab tenggelamnya KMP Munawar Ferry di perairan selat Alas hingga kini masih diselidiki, dan belum bisa dipastikan. Pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Kayangan, Lombok Timur bersama instansi terkait masih melakukan penyelidikan.

Agung Hartono
Agung Hartono

“Kapten kapal (nahkoda) KMP Munawar bernama Sudarta (50) masih dalam keadaan shock berat, dan belum bisa dimintai keterangannya.

Sehingga, penyebab tenggelamnya kapal itu pun belum bisa dipastikan. Tapi penyelidikan tetap akan dilakukan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) NTB, Agung Hartono, Jumat sore (3/1), di pelabuhan Kayangan, Lotim.

Agung menjelaskan, secara prosedur langkah yang akan dilakukan pasca kecelakaan kapal lazimnya nahkoda akan dimintai keterangannya oleh pihak Syahbandar atau Adpel melalui mahkamah pelayaran. Selain meminta keterangan nahkoda, pihak penyelidik juga akan meminta keterangan dari sejumlah penumpang kapal.

Jika melihat kondisi kapal KMP Munawar, papar Agung, kapal buatan tahun 1990 itu masih layak berlayar. Dari sisi izin perawatan, KMP Munawar terakhir kali masuk perawatan atau dogging di Benoa Bali pada Februari 2013, sehingga masih bisa berlayar maksimal hingga masa dogging selanjutnya pada Februari 2014 mendatang.

“Teknisnya Syahbandar yang akan mengurus, tapi yang pasti penyebab tenggelam masih diselidiki,” tukasnya.

Informasi yang diperoleh Lomboktoday.co.id menyebutkan, nahkoda KMP Munawar, Sudarta Jumat siang sudah dimintai keterangan awal di Kantor Adpel Kayangan.

Sudarta juga dikabarkan sempat dijemput pihak kepolisian dari Polda NTB untuk dimintai keterangannya. Namun sejauh ini belum ada data hasil pemeriksaan yang dipublikasikan.(GRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *