Jelang Pilpres, KPU Singkronisasi Data Pemilih

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Usai pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur langsung melakukan singkronisasi terhadap data pemilih, untuk pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan digelar 9 Juli 2014 mendatang.

‘’Tahapan Pilpres sudah dimulai, sekarang ini sedang dilakukan sinkronisasi data pemilih,’’ kata Ketua KPU Lombok Timur, M Saleh kepada wartawan di kantornya, Senin (28/4).

Menurut Saleh, singkronisasi dilakukan terhadap data Pileg, karena ada pemilih baru yang mencapai 27.848 orang. Tak hanya data pemilih pemula yang dilakukan, tapi termasuk juga singkronisasi terhadap data DPKTB dan DPTB.

Saleh juga menjelaskan, data pemilih baru yang disingkronisasi ini, data-datanya telah dikirim ke KPU pusat. ‘’Singkronisasi data pemilih ini dilakukan karena dinilai sangat urgen,’’ ungkapnya.

Selain singkronisasi data pemilih, lanjut Saleh, pihaknya juga melakukan  perampingan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). ‘’Jumlah TPS untuk Pileg sebelumnya itu kita rampingkan untuk TPS pada Pilpres, dengan asumsi jumlah TPS Pileg lalu berkurang mencapai 1.077 TPS,’’ jelasnya.

Sedangkan jumlah pemilih untuk satu TPS pada Pilpres nanti, maksimal 800 pemilih. Itu beda pada waktu Pileg lalu, yang satu TPS jumlah pemilihnya mencapai 300 orang.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *