Dinas ESDM PP Perkirakan Harga Naik H-7 Puasa

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dinas ESDM Perindustrian dan Perdagangan (ESDM PP) Kabupaten Lombok Timur memperkirakan kenaikan harga kebutuhan pokok akan terjadi pada H-7 sebelum Puasa Ramadhan 1435 Hijriyah.

Kondisi kenaikan harga sembako ini terjadi setiap tahun menjelang tibanya bulan suci Ramadhan. Sehingga hal ini yang seringkali menjadi keluhan masyarakat.

‘’Yang jelas, setiap akan datang bulan suci Ramadhan, pasti harga sembako itu akan mengalami kenaikan,’’ kata Kepala Dinas ESDM PP Kabupaten Lotim, Framadi Anugerah Kartika didampingi Kabid Perdagangan, Suwardi, di kantornya, Selasa (03/6).

Itu sebabnya, kata Framadi, setiap minggu pihaknya selalu memantau perkembangan harga sembako di semua pasar yang ada di wilayah Lotim. Hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan harga rata-rata sembako untuk dijadikan sampel.

Framadi menjelaskan, berdasarkan pengalamannya,  biasanya kenaikan harga yang cukup siginifikan akan terjadi pada satu minggu sebelum Ramadhan. Setelah itu harga kembali naik pada dua minggu sebelum lebaran (Hari Raya Idul Fitri, Red). Tapi setelah itu harga akan kembali normal seperti biasa.

‘’Kenaikan harga ini disebabkan oleh tingginya daya beli masyarakat. Walaupun pada saat itu umat Muslim sedang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kenaikan harga barang biasanya terjadi pada daging, telur, dan sayuran-sayuran. Pada saat harga baik, stok barang tetap mencukupi,’’ ungkapnya.

Mantan Kadis Hutbun Lotim tersebut menambahkan, saat ini sejumlah harga kebutuhan pokok memang mengalami kenaikan. Namun, kenaikannya tidak lebih dari sepuluh persen, sehingga kondisi itu berbeda ketika satu minggu menjelang Ramadhan dan lebaran.

Begitu juga  terkait harga ini, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Meski pihaknya akan mengumpulkan pedagang untuk mengetahui penyebab kenaikan harga tersebut. Namun, pihaknya sulit mencegah kenaikan harga itu karena merupakan mekanisme dan hukum pasar.

‘’Kita akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB. Terutama jika kenaikan harga terjadi pada barang-barang yang disuplai oleh distributor,’’ ujarnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply