Di Loteng, Gratis Buat Dokumen Kependudukan

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Ini kabar gembira bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Lombok Tengah (Loteng). Pasalnya, kini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat, sudah mulai menggratiskan biaya dalam pembuatan semua dokumen kependudukan.

Dokumen kependudukan dimaksud yakni dalam hal pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, akte perceraian dan dokumen kependudukan lainnya.

‘’Semuanya itu kita gratiskana tanpa ada pungutan biaya dari masyarakat yang hendak akan membuat semua dokumen kependudukan,’’ kata Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Loteng, HL Mirwan Syaihu kepada wartawan di kantornya, Kamis (05/6).

Gratis biaya pembuatan semua dokumen kependudukan tersebut, kata Mirwan Syaihu, sudah mulai diberlakukan sejak Senin (02/6) lalu dan akan berlaku sampai seterusnya.

Mirwan Syaihu menjelaskan, semua pembuatan dokumen kependudukan yang digratiskan itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan UU No.23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Sehingga, untuk biaya pembuatan semua dokumen kependudukan itu, digratiskan. ‘’Itu adalah amanah UU. Jadi, harus dijalankan,’’ ungkapnya.

Langkah awal yang dilakukan untuk mendukung program tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada semua camat, lurah dan kepala desa yang ada di wilayah Loteng. Dengan begitu, masyarakat di Bumi bermotokan Tatas Tuhu Trasna (Tastura) akan mengetahui program tersebut.

Karena itu, dalam pembuatan dokumen kependudukan tersebut, maka pihak camat, lurah maupun desa, tidak diperbolehkan untuk melakukan pungutan biaya dalam bentuk apapun.

Mirwan Syaihu menegaskan, apabila ada pejabat atau petugas di kantor kecamatan, kelurahan maupun desa melakukan pungutan biaya kepada masyarakat dalam pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan, maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

‘’Kita berharap supaya semua petugas yang ada dalam pembuatan dokumen kependukan itu supaya bekerja sesuai aturan yang sudah ditetapkan,’’ ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply