Harga LPG 3 Kg di Loteng Naik

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pasokan tabung gas LPG 3 kilogram di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) beberapa hari ini, tidak begitu normal. Sehingga, menyebabkan kelangkaan di tingkat agen maupun di pengecer.

Akibat kelangkaan itu, tentunya membuat harga LPG 3 kilogram tersebut mengalami kenaikan. Dimana, harga di tingkat pengecer yang sebelumnya seharga Rp17.000 per tabung, kini sudah naik menjadi Rp20 ribu per tabung. Setidaknya terjadi kenaikan sekitar Rp3.000 per tabung.

Salah seorang pengecer gas LPG 3 kg di Loteng, Marjan saat ditemui Lomboktoday.co.id mengatakan, saat ini gas LPG 3 kg mulai langka, sehingga menyebabkan harga di pasaran mengalami kenaikan hingga pada posisi Rp20 ribu per tabung.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Industri dan UMKM Kabupaten Lombok Tengah, H Amir Husen mengatakan, mengenai keluhan masyarakat terhadap kelangkaan gas LPG 3 kilogram, pihaknya akan membicarakannya dengan pihak Pertamina di Mataram.

‘’Kami dari dinas sudah bersurat ke pihak Pertamina terkait dengan kelangkaan gas LPG 3 kilogram ini,’’ kata H Amir Husen kepada wartawan di kantornya, Kamis (05/6).

Amir Husen mengkaui bila saat ini terjadi kelangkaan gas LPG 3 kg di wilayah Loteng, dan menyebabkan harga di tingkat pengecer menjadi naik dari harga standar yang telah ditentukan oleh pihak Pertamina.

‘’Memang benar harga gas LPG 3 kilogram saat ini mengalami kenaikan dari harga yang sudah ditentukan oleh Pertamina. Itu sebabnya kita akan melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina untuk membicarakan terkait masalah ini,’’ ungkapnya.

Menyikapi persoalan ini, Amir Husen meminta pihak Pertamina supaya lebih tegas terhadap harga gas LPG ini. Karena, dalam gas LPG 3 kilogram ini ada subsidi dari pemerintah untuk masyarakat.

‘’Kita minta supaya Pertamina tegas terhadap harga gas LPG 3 kilogram ini. Bila perlu, di semua pengecer itu supaya menempel harga eceran tertinggi (HET) untuk gas LPG 3 kilogram ini. Sehingga semua masyarakat akan mengetahui HET tersebut, dengan begitu subsidi dalam gas LPG 3 kilogram itu tepat sasaran,’’ tegasnya.

Disamping itu, pihaknya juga akan mempertanyakan apakah pihak distributor siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang tibanya bulan Puasa Ramadhan tahun 2014 ini.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply