DBHCHT akan Diterima Langsung Petani

Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lotim dengan Lomboktoday.co.id

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Untuk mengintensifkan produksi tembakau virginia tahun 2014 di Kabupaten Lombok Timur dan membahas rencana penyaluran bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) bagi para petani, Pemda Lombok Timur menggelar pertemuan koordinasi antara dinas/instansi terkait dan perwakilan perusahaan tembakau yang beroperasi di wilaya Lotim, di Rupatama kantor Bupati setempat, Rabu (04/6) lalu.

RAKOR: Suasana rapat pembahasan rencana penyaluran DBHCHT di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2014, di Rupatama I Kantor Bupati Lotim. (Ist/Lomboktoday.co.id)

RAKOR: Suasana rapat pembahasan rencana penyaluran DBHCHT di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2014, di Rupatama I Kantor Bupati Lotim. (Ist/Lomboktoday.co.id)

Rapat dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Lombok Timur, Ir H Aminullah, yang juga dihadiri perwakilan dari Pemprov NTB.

Menurut Aminullah, salah satu yang mempengaruhi hasil panen dan produksi tembakau virginia di Lotim adalah kemitraan yang dilakukan perusahaan tembakau dengan petani binaan.

Untuk itu, diharapkannya dari 21 perusahaan tembakau yang beroperasi di Kabupaten Lotim dapat lebih optimal memberikan pembinaan bagi para petani, sehingga petani tembakau virginia dapat berkembang setiap tahunnya. Terlebih dengan meningkatnya biaya produksi yang meliputi sewa lahan, pupuk dan obat-obatan, ongkos buruh dll, jangan sampai membuat petani tembakau merugi.

Sementara itu, terkait dengan penyaluran bantuan yang dari DBHCHT tahun 2014, akan disalurkan langsung ke rekening petani guna meminimalisir masalah seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan disalurkan melalui rekening kelompok. Sehingga diharapkan penyaluran dana tersebut akan tepat sasaran.

Tahun 2014 ini, luas areal yang direncanakan untuk penanaman tembakau virginia 11.249,95 Ha dengan proyeksi hasil 23.040 ton dan rencana pembelian perusahaan 23.385 ton. Jumlah petani binaan 4.240 orang dan 5.106 unit oven.

Perwakilan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi NTB menyampaikan, DBHCHT Provinsi NTB sebesar 12 Milyar Lebih diperuntukkan bahan bakar alternatif seperti batu bara, cangkang sawit dan kemiri yang dipergunakan untuk omprongan tembakau. Kabupaten Lombok Timur mendapatkan alokasi untuk 3507 petani mitra dan 1930 petani swadaya dengan jumlah 1,4 juta rupiah perorang.(Yuni Humas)

Kirim Komentar

Leave a Reply