Ketua TP PKK Lotim Hadiri Penas

Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lotim dengan Lomboktoday.co.id

MALANG, Lomboktoday.co.id – Penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan ke-XIV 2014 di Stadiun Kanjuruan, menjadi momentum bagi tuan rumah Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk menyuguhkan tarian khasnya. Even nasional itu dihadiri  Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus membuka Penas.

Hj Supinah Ali BD mengunjungi stan Lombok Timur di arena Penas Kontak Tani dan Nelayan ke-XIV di Kanjuruan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Hj Supinah Ali BD mengunjungi stan Lombok Timur di arena Penas Kontak Tani dan Nelayan ke-XIV di Kanjuruan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain presiden, juga nampak hadir beberapa pejabat penting, seperti empat Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yakni Menko Bidang Ekonomi dan Keuangan, Chaerul Tanjung, menteri Kehutanan, Menteri Perikanan dan Kelautan, Sharif Cicip Sutardjo dan Menteri Pertanian Suswono. Hadir pula gubernur dan bupati seluruh Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung dari tanggal 7-12 Juni 2014 itu, juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur, Ny Hj Supinah Ali Bin Dachlan, bersama rombongan Penas Lombok Timur.

Kabupaten Lombok Timur, ikut ambil bagian dalam pameran Penas dengan menampilkan hasil-hasil produksi pertanian dan home industri daerah.

Pembukaan Penas itu dimeriahkan dengan penampilan seni budaya daerah setempat, seperti beberapa tarian lokal. ‘’Panitia menyuguhkan tarian Dewi Sri Wedari, tarian ini melibatkan ratusan orang yang berasal dari Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang,’’ terang salah satu panitia kepada penulis.

Tak ingin kalah dengan tuan rumah, para peserta yang berasal dari 33 Propinsi se-Indonesia berlomba-lomba menghias dirinya masing-masing. Mereka umumnya mengenakan pernak-pernik khas daerahnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur, Ny Hj Supinah Ali Bin Dachlan mengaku tertarik dengan hasil budi daya melon di Sembalun yang dipamerkan, meskipun kecil, tapi sangat manis. Ia berharap agar pada event Penas mendatang, Lombok Timur dapat menampilkan lebih banyak jenis hasil pertanian untuk dipamerkan, agar pengusaha dari luar daerah tertarik dan mau bekerjasama dengan petani Lombok Timur.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr TGH M Zainul Majdi,  yang hadir bersama isteri berkesempatan mengunjungi stan Lombok Timur dan berbelanja beberapa makanan khas Lombok, seperti jenang, dan beberapa hasil home industri.

Dengan wajah sumringah, orang nomor satu di NTB itu berpesan kepada kelompok peserta Penas Kabupaten Lombok Timur untuk menjaga kesehatan.

‘’Stan kita sepertinya tidak kalah dengan stan-stan daerah lainnya, akan tetapi perlu untuk ditingkatkan di Penas mendatang,’’ harapnya.

Sementara Ketua Rombongan peserta Penas Kabupaten Lotim, H Anang Sumbawanto, kepada penulis mengatakan terimakasihnya kepada Ibu Ketua TP PKK Lotim yang berkesempatan mengunjungi stannya. ‘’Kami membawa 30 personel yang terdiri dari 22 petani dan delapan orang pendamping,’’ akunya.

Penas Kontak Tani dan Nelayan merupakan agenda nasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan tujuan para petani yang ada di seluruh Indonesia bisa bertukar pengalaman dalam mengembangkan pertanian. ‘’Manfaat dari Penas ini banyak sekali, yang paling penting masyarakat petani dan nelayan bisa bersilaturrahmi se-Indonesia,’’ paparnya.

Selain itu, dia juga berharap kepada para petani yang ikut Penas, untuk banyak belajar dan melihat perkembangan petani daerah lain, baik itu masalah subsidi budi daya pangan, holtikultura, perikanan, peternakan (sapi, kambing dan unggas). Juga mampu menjalin kemitraan dengan petani daerah lain. ‘’Yang paling penting, dukungan Pemda harus benar-benar serius melalui SKPD program pro rakyat dan peran PPL harus lebih optimal dalam mendampingi dan mengawal petani,’’ ungkap Anang.(Humas Lotim)

Kirim Komentar

Leave a Reply