Hampir 90 Persen Tanah Sekolah Aset Pemda Bersertifikat

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Sesuai data yang ada di Bagian Aset Setdakab Loteng, dari sekian banyak aset tanah milik Pemda Loteng yang digunakan untuk sekolah, hingga saat ini yang sudah memiliki sertifikat hampir mencapai 90 persen. Sedangkan sisanya 10 persen, masih dalam pembuatan sporadik untuk dilakukan proses pembuatan sertifikat. Hal itu disampaikan Kabag Aset Setdakab Loteng, H Muhamad kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/6).

Disinggung terkait adanya beberapa lokasi sekolah yang tanahnya diklaim oleh masyarakat yang mengaku ahli waris dari tanah lokasi pembanguan sekolah tersebut, Muhamad menjelaskan, secara fisik, tanah lokasi pembangunan sekolah itu sudah dikuasai bertahun-tahun. Sehingga, bila ada yang mengklaim tanah sekolah tersebut, pihaknya menyelesaikan secara kekeluargaan atau musyawarah.

‘’Kalo sudah tidak bisa diselesaikan secara musyawarah, bisa dilanjutkan melalui jalur hukum. Karena, Pemda sendiri tidak mungkin untuk melepaskan aset tersebut, mengingat harus mendapatkan persetujuan dari dewan,’’ katanya.

Secara logika, menurut Muhamad, Pemda tidak mungkin akan membangun sekolah di lokasi tersebut bila tidak ada dasar hukumnya. ‘’Siapapun yang akan melakukan pembangunan kalau tidak ada dasarnya, ia tidak akan berani untuk membangun. Begitu juga dengan Pemda, dulu saat membangun sekolah itu karena sudah ada dasarnya sesuai dengan aturan yang ada pada waktu itu,’’ ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply