Kampus IPDN NTB Gelar Seminar Internasional

SEMINAR: Suasana seminar Internasional yang digelar kampus IPDN Praya NTB di Auditorium kampus IPDN setempat, Kamis (19/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
SEMINAR: Suasana seminar Internasional yang digelar kampus IPDN Praya NTB di Auditorium kampus IPDN setempat, Kamis (19/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
SEMINAR: Suasana seminar Internasional yang digelar kampus IPDN Praya NTB di Gedung Auditorium kampus IPDN setempat, Kamis (19/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Kampus IPDN Praya NTB menggelar seminar Internasional tentang ‘’Building the Capacity of Local Government Apparatus Through Horizontal Learning Method’’ di Gedung Auditorium kampus IPDN Praya NTB, Kamis (19/6).

Kegiatan seminar tersebut dihadiri oleh semua direktur kampus IPDN yang ada di wilayah Indonesia, aparatur pejabat kabupaten/kota di NTB, siswa/siswi praja kampus  IPDN Praya NTB, serta narasumber dari luar negeri.

Direktur Kampus IPDN Praya NTB, Abdul Malik mengatakan, kegiatan seminar Internasional ini merupakan angenda kegiatan tahunan yang digelar oleh Kampus IPDN guna memberikan pelajaran bagi para praja. Sehingga, nantinya dapat dipraktekkan di lapangan.

‘’Jadi, seminar ini juga berfungsi sebagai pembelajaran bagi para praja IPDN dan bagaimana mereka bisa mempraktekkannya di lapangan,’’ kata Abdul Malik kepada wartawan usai seminar, di kampus IPDN Praya NTB, Lombok Tengah, Kamis (19/6).

Selain itu, kegiatan seminar ini juga untuk memberikan gambaran bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan public kepada masyarakat. Dan bagaimana pelayanan public dan prakteknya di lapangan itu yang sebenarnya.

Abdul Malik menjelaskan, setelah kegiatan seminar ini dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan yang dilakukan oleh semua praja. Untuk lokasi  prakteknya pada tahun ini akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Mengingat di KLU itu, pencapaian MDG’snya paling tinggi dan paling cepat angka kemiskinannya turun.

Adapun pembinaan praja kampus  IPDN Praya NTB ini sudah dilakukan di kabupaten/kota yang ada di NTB. Diantaranya, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Bima, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Timur. Sedangkan untuk tahun depan, pelaksanaan praktek  lapangan bagi praja akan dilaksanakan di Kabupaten  Dompu dan Kota Mataram.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *