Panwaslu Keluarkan Rekomendasi ke KPU untuk Tegur Wabup

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lombok Timur mengeluarkan surat rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim, agar segera memberikan sanksi administratif kepada Wakil Bupati Lotim, H Haerul Warisin yang juga selaku ketua tim pemenangan koalisi merah putih calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

‘’Kami telah mengeluarkan rekomendasi kepada KPU Lotim untuk memberikan sanksi administratif kepada Wabup Lotim,’’ tegas Ketua Panwaslu Lotim, Joyo Supeno, kepada wartawan di kantornya, Kamis (19/6).

Rekomendasi yang dikeluarkan itu, kata Joyo Supeno, berkaitan dengan pemanggilan Wabup Lotim, H Haerul Warisin yang dilakukan oleh Panwaslu, namun tidak pernah datang alias mangkir. Padahal, kehadiran orang nomor dua di Bumi bermotokan Patuh Karya itu sangat dibutuhkan untuk diminta keterangan dan klarifikasi menyangkut kehadirannya dalam Deklarasi Relawan Indonesia Bangkit (RIB) Lotim beberapa waktu lalu.

Disamping itu, pihaknya juga belum menerima surat ijin cuti Wabup Lotim, sementara yang bersangkutan kini menjadi tim pemenangan capres dan cawapres Prabowo-Hatta.

‘’Yang sudah kami terima adalah tembusan surat pengajuan cutinya saja yang telah dilayangkan kepada Gubenur NTB, TGH M Zainul Majdi tertanggal 23 Mei 2014 lalu,’’ ungkapnya.

Sehingga, hal ini yang tentunya menjadi masalah. Karena, seharusnya untuk melakukan kampanye atau mensosialisasikan capres dan cawapres yang didukungnya, harus terlebih dahulu mengantongi ijin cuti. Tapi, sampai saat ini pihaknya belum juga menerimanya.

‘’Yang jelas, tugas kami hanya memberikan rekomendasi saja, tinggal KPU Lotim yang mengeksekusinya sesuai dengan aturan yang ada,’’ tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Lotim, M Saleh saat dikonfirmasi membenarkan bila pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Panwaslu Lotim untuk memberikan sanksi atau teguran administrasi kepada Wabup Lotim, H Haerul Warisin, karena dinilai melanggar administrasi dengan tidak mengantongi ijin cuti.

‘’Kami akan bersurat ke Wabup Lotim untuk melanjutkan rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu Lotim guna memberikan teguran administrasi kepada yang bersangkutan,’’ katanya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply