Pemkab Lotim Belum Terima Formasi CPNSD

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur maupun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Kabupaten Lotim hingga saat ini belum menerima secara pasti jumlah formasi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) dari pemerintah pusat untuk penerimaan tahun 2014 ini.

Padahal, Pemkab Lotim telah mengajukan usulan formasi ke pemerintah pusat sebanyak 2.000 formasi sejak 2013 lalu. Dan kebanyakan yang diusulkan itu adalah tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan, sisanya tenaga tekhnis lainnya.

‘’Sampai saat ini saya belum menerima besaran formasi CPNSD yang akan diberikan pemerintah pusat kepada Pemkab Lotim,’’ kata Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Lotim, H Najamudin kepada wartawan di kantornya, Kamis (19/6).

Najamudin memastikan, kemungkinan besar baru akan ada kejelasan mengenai jumlah formasi untuk masing-masing daerah, setelah Pilpres, 9 Juli 2014 mendatang. Mengingat saat ini pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) masih sedang melakukan kajian.

Najamudin menjelaskan, untuk Indonesia sendiri, rencananya akan membuka formasi sebanyak 100 ribu. Sedangkan Kabupaten Lotim mengajukan jumlah formasi berdasarkan analisis beban kerja yang ada di daerah ini. Tapi, tenaga guru dan kesehatan yang paling banyak dibutuhkan untuk Kabupaten Lotim.

Dalam test CPNSD yang akan dilakukan nanti, tidak lagi dilakukan secara manaual, melainkan secara komputerisasi atau dengan sistim card. Karena, dengan menggunakan sistem itu, setidaknya tingkat tranparan dan akuntabilitas menjadi terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

‘’Selain itu, dari jumlah 100 ribu formasi yang akan dibuka nanti, terdapat sebanyak 5 ribuan multi disiplin ilmu yang akan dibuka. Sehingga, tamatan apa saja boleh mengajukan formasi atau mendaftarkan diri menjadi CPNSD. Pokoknya, sampai saat ini kami masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait dengan formasi CPNSD tersebut,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply