Puluhan Warga Loang Maka Gedor Kantor Bupati

DEMO: Puluhan warga Desa Loang Maka, Kecamatan Japaria, Lombok Tengah saat melakukan aksi demonstrasi di depan halaman kantor bupati Loteng, Jumat (20/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DEMO: Puluhan warga Desa Loang Maka, Kecamatan Japaria, Lombok Tengah saat melakukan aksi demonstrasi di depan halaman kantor bupati Loteng, Jumat (20/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
DEMO: Puluhan warga Desa Loang Maka, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah saat melakukan aksi demonstrasi di depan halaman kantor bupati Loteng, Jumat (20/6). (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Puluhan warga Desa Loang Maka, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah, mendatangi kantor bupati Loteng, Jumat (20/6).

Kedatangan puluhan warga Desa Loang Maka itu, lantaran sampai saat ini pihak Pemkab Loteng belum juga memenuhi apa yang menjadi tuntutan warga.

Dimana, tuntutan warga Desa Loang Maka itu agar pejabat kepala desa yang diusulkan oleh warga bersama BPD supaya segera ditetapkan menjabat sebagai pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Loang Maka, yang ditinggal oleh Kades sebelumnya, Alm Ahmad Zaini, yang sudah meninggal dunia.

Koordinator Umum Aksi, Makbul Ramen dalam orasinya mengatakan, sesuai Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah serta Peraturan Bupati Lombok Tengah, BPD Desa Loang Maka melaksanakan musyawarah untuk mengusulkan pejabat sementara (Pjs) kepala Desa Loang Maka. Akan tetapi, usulan Pjs kepala Desa Loang Maka tersebut, hingga saat ini belum ada kepastian dari pihak Pemda Loteng.

Itu sebabnya, masyarakat Desa Loang Maka mendatangi kantor bupati Loteng untuk menagih janji kepada Pemda Loteng agar segera memberikan keputasan terhadap masalah ini.

‘’Sudah satu bulan lebih usulan itu kami sampaikan, tapi hingga saat ini belum juga ada kejelasan dari Pemda Loteng. Kami hanya dijanjikan dan dijanjikan terus. Jangan bohongi kami, kami butuh keadilan dan kepastian,’’ teriak orator.

Makbul Ramen menjelaskan, pihaknya juga sudah mengadukan persoalan ini ke lembaga DPRD Loteng selaku wakil rakyat beberapa waktu lalu. Bahkan dalam kesempatan itu, pihak dewan juga menyetujui apa yang menjadi tuntutan warga supaya Pjs kepala desa untuk Desa Loang Maka ini segera dilantik. Dengan begitu, roda pemerintahan di tingkat desa itu bisa berjalan baik dan lancar sesuai harapan bersama.

‘’Satu hal yang harus dicatat, kami juga menuntut supaya Pemda Loteng melantik H Muhamad Mahrim sebagai pejabat sementara kepala Desa Loang Maka. Karen beliau yang sudah kami usulkan bersama BPD Desa Loang Maka. Nah, apabila nanti ternyata orang lain yang dilantik, tentu kami tidak akan terima,’’ ungkapnya.

Warga lainnya, Hamzan menambahkan, bila apa yang menjadi tuntutannya tidak direspon cepat oleh Pemda Loteng, maka pihaknya mengancam akan menyegel kantor Desa Loang Maka. ‘’Pokoknya kami akan segel kantor Desa Loang Maka apabila tuntutan kami tidak segera dipenuhi,’’ ancamnya.

Sementara itu, puluhan warga Desa Loang Maka diterima oleh Asisten I Setdakab Loteng, H Amin dan Kabag Hukum Setdakab Loteng, H Mutawali di ruang rapat kantor bupati Loteng.

Dalam kesempatan itu, Kabag Hukum Setdakab Loteng, H Mutawali menjelaskan, pada pasal 56 dalam hal sisa jabatan kepala desa lebih dari satu tahun karena diberhentikan atau karena meninggal dunia, maka bupati mengangkat pejabat sementara kepala desa itu dari unsur pegawai negeri sipil (PNS) yang berasal dari lingkup Pemkab Loteng, sampai terpilihnya kepala desa baru.

Sedangkan Asisten I Setdakab Loteng, H Amin mengatakan, terkait penyelesaian permasalahan ini, apa yang menjadi keputusan bupati, itu yang akan diterima. Dan pihaknya akan menyampaikan persoalan ini ke bupati Loteng.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *