Tujuh Kecamatan Diusulkan Pembuatan Sumur Bor

2 minutes reading
Wednesday, 25 Jun 2014 18:31 0 564 Editor

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Sebanyak tujuh kecamatan di wilayah Lombok Timur akan diusulkan untuk pembuatan sumur bor. Hal ini dilakukan untuk mengatasi krisis air bersih yang sering terjadi pada musim kemarau panjang yang terjadi setiap tahunnya.

Ketujuh kecamatan tersebut diantaranya; Kecamatan Jerowaru, Keruak, Sakra Timur, Sakra Barat, Sambelia, Terara dan Kecamatan Suele.

Ini merupakan program jangka panjang yang telah diusulkan ke pemerintah pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB.

‘’Yang jelas, tujuh kecamatan yang rawan kekeringan dan krisis air bersih itu, kami telah usulkan untuk dibuatkan sumur bor,’’ kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, H Sirman kepada wartawan di Selong, Lombok Timur, Rabu (25/6).

Sirman yang juga Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (STT) Kabupaten Lombok Timur ini menjelaskan, selain pembuatan sumur bos, juga akan dilakukan pembuatan atau perbaikan perpivaan skala sedang dan pembangunan waduk. Sehingga, dengan adanya itu, setidaknya akan membantu mengurangi permasalahan masyarakat akan hal air bersih. Apalagi tujuh kecamatan itu, setiap tahunnya sering mengalami krisis air bersih.

Sementara untuk program jangka pendek, pihaknya melakukan droping air bersih ke masyarakat, meski tidak tersedia dana atau anggaran.

‘’Dari bulan Februari lalu, kami telah mendistribusikan air bersih dengan menggunakan mobil tangki sebanyak 95 kali, dan yang paling banyak kita drop adalah ke wilayah Sekaroh. Kami juga akan melakukan rapat koordinasi dengan Dinas PU NTB guna membicarakan mengenai masalah kekeringan ini, termasuk SKPD lainnya juga bisa Membantu,’’ ungkapnya.(SR)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA