Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

BERBAGI: Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory membagikan bingkisan gratis kepada para fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo.
BERBAGI: Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory membagikan bingkisan gratis kepada para fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo.
BERBAGI: Pengasuh Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory Aik Nyambu, Aikmel, membagikan bingkisan gratis kepada para fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo.

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Sebagai ummat Islam, Rasulullah SAW menganjurkan ummatnya untuk saling berbagi di bulan suci Ramadhan, seperti yang banyak tercantum dalam haditsnya.

Di Lombok Timur, sebuah Pondok Pesantren bernama Al-Kautsar Al-Gontory yang terletak di Desa Aik Nyambu, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur, membagikan bingkisan gratis kepada para fakir miskin, anak yatim dan orang tua jompo.

Isi bingkisan itu adalah sembilan bahan pokok (Sembako) seperti minyak goreng, indomie, beras, gula pasir, dan kopi. Sebagian besar bingkisan tersebut dibagikan kepada mereka yang tinggal di dekat pondok pesantren.

Sambil menunggu giliran pemanggilan sesuai kupon, warga menikmatinya dengan duduk santai dan bercengkrama dengan warga lainnya. Setelah nama mereka dipanggil, warga kemudian mengambil bingkisan secara teratur dan meninggalkan ruangan.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory, Ustad Muhammad Noor mengatakan, pemberian bingkisan gratis kepada warga ini, telah mulai dilakukan sejak Pondok Pesantren ini berdiri atau selama 20 tahun lebih. Jumlah bingkisan yang disediakan pun tiap tahun mengalami penambahan.

‘’Untuk puasa tahun ini, jumlah bingkisan yang kami sediakan sebanyak 500 bungkus,’’ kata Muhammad Noor kepada Lomboktoday.co.id, Sabtu (28/6).

Selain warga yang tinggal di sekitar Ponpes, sambung Muhammad, beberapa warga yang berasal dari luar juga datang ke Ponpes untuk mendapatkan bagian jatah bingkisan.

‘’Banyak juga warga yang dari luar datang ke sini, kebanyakan dari mereka sudah tahu bahwa setiap awal Puasa Ramadhan akan mendapat bingkisan ini,’’ ujarnya.

Muhammad menjelaskan, pembagian bingkisan ini merupakan ajang uantuk mencari Ridho Allah selama bulan Puasa, agar mereka yang kesulitan bisa menjalankan ibadah Puasa dengan baik dan cukup.(hn/ar/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *