Ramadhan 1435 H, Pemkab Lotim Santuni Fakir Miskin dan Gelar Safari

Kerjasama Bagian Humas dan Protokol Setdakab Lotim dengan Lomboktoday.co.id

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah ini untuk memperkuat silaturrahmi dengan masyarakat, dengan menggelar Safari Ramadhan di 20 kecamatan di wilayah Lotim ini.

Pemkab Lotim akan memberikan paket santunan bagi 50 ribu orang fakir miskin.

Pemkab Lotim akan memberikan paket santunan bagi 50 ribu orang fakir miskin.

Selain bersafari, Pemkab setempat juga akan memberikan paket santunan bagi 50 ribu orang fakir miskin. Juga akan melaksanakan Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten di Masjid Agung, pada 15 Juli yang bertepatan dengan 17 Ramadhan.

Sejauh ini, pihak berkompeten belum menjelaskan teknis pemberian santunan itu, namun Kabag Kesra Setdakab Lotim, Syahmat, S.Sos., memastikan santunan itu akan diberikan dalam bulan suci Ramadhan ini. Paket santunan yang akan diberikan tersebut, berisi 15 kilogram beras, sarung, 1 kilogram gula, 1 kaleng roti/biskuit, 5 bungkus mie instan, serta 1 liter minyak goreng.

Pada pelaksanaan tradisi Safari Ramadhan bulan Ramadhan ini, Pemerintah Kabupaten menurunkan tiga tim. Tim I merupakan rombongan bupati berangkat dari Pendopo Bupati, Tim II rombongan Wakil Bupati berangkat dari Pendopo Wakil Bupati, sedangkan Tim III rombongan Sekretaris Daerah berangkat dari Rumah Dinas Sekda.

Bagi tim yang akan menyasar lokasi terhitung dekat, diberangkatkan pukul 19.30 Wita, sementara untuk lokasi yang terhitung cukup jauh dan atau terjadual buka puasa bersama tim diberangkatkan pukul 16.00 Wita.

Lokasi yang terhitung cukup jauh dan atau menjadual buka puasa bersama, antara lain Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sambelia, Kecamatan Sakra Timur, Kecamatan Sikur, Kecamatan Pringgasela, Kecamatan Jerowaru, Kecamatan Aikmel, Kecamatan Masbagik, Kecamatan Terara, dan Kecamatan Suralaga.

Tiap tim, turun ke kecamatan sesuai jadual safari, secara bergantian. Di setiap masjid yang dikunjungi, tim membawa serta muballigh yang bertugas menyampaikan tausiyah, juga memberikan sumbangan kitab suci Alqur’an. Selain itu, kesempatan silaturrahmi bersama tokoh agama, tokoh masyarakat kecamatan dan jemaah itu, Pemerintah Kabupaten akan menyampaikan berbagai informasi mengenai pelaksanaan pembangunan dan kegiatan Pemerintah Kabupaten lainnya. Karena itu, diharapkan agar masyarakat beramai-ramai hadiri masjid lokasi safari sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Merinci jadual Safari Ramadhan, Syahmat menyebutkan, kegiatan itu akan mulai dilaksanakan Tim I pada malam Kamis (02/7) di Masjid Al Manar, Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur, kemudian Tim II turun pada malam Jumat (03/7) di Masjid Al-Umary Kelurahan Kelayu Selatan, Kecamatan Selong, sementara Tim III turun di Masjid Islahul Anwar, Desa Suela, Kecamatan Suela, pada malam Sabtu (04/7).

Berikutnya, pada malam Minggu (05/7), Tim Imengunjungi Masjid Jami’ Suluqul Muttaqin, Desa Pringgasela Selatan, Kecamatan Pringgasela, Tim II bersafari di Masjid Besar Zinul Mukminin Desa Sukamulia Timur, Kecamatan Sukamulia pada 6 Juli, sedangkan Tim III di Masjid Assabirin Desa Kuang Baru Kecamatan Sakra pada 7 Juli.

Pada 8 Juli, Tim I bersafari di Masjid Al Muhajirin Pengoros Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru, pada 9 Juli Tim II turun di Masjid Al-Munawwarah Jorong Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun, dan Tim III menyasar Masjid Al Muhajirin Desa Medayin Kecamatan Sambalia pada 10 Juli.

Pada putaran berikutnya, pada 11 Juli Tim I bersilaturrahmi dengan masyarakat di Masjid Ainul Yakin Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, pada 12 Juli Tim II turun di Masjid Babussalam Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji, sementara pada 13 Juli Tim III akan hadir di Masjid Nurul Iman Montong Baik Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading.

Selanjutnya pada 14 Juli rombongan Tim I bersafari di Masjid Al Ittihad Dusun Karang Mantri Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel, khusus pada 15 Juli yang bertepatan dengan 17 Ramadhan dilaksanakan Peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Agung Selong diikuti semua Tim, namun pada 16 Juli Tim II menyasar Masjid Nurul Iman Desa Selebung Ketangga Kecamatan Keruak, sedangkan pada 17 Juli tim III turun di Masjid Besar Attaqwa Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba.

Pada 18 Juli, Tim I melaksanakan safari di Masjid Jami’ Al Akbar Kecamatan Masbagik, pada 19 Juli Tim II mengunjungi Masjid Nurul Huda Desa Sukadana Kecamatan Terara, dan pada 20 Juli Tim III bersilaturrahmi dengan masyarakat di Masjid Nurul Iman Montong Tebolak Desa Rensing Kecamatan Sakra Barat.

Pada putaran terakhir, pada 21 Juli Tim I turun di Masjid Baitul Huda Kecegem-Bagik Payung Kecamatan Suralaga, dan Tim II mengakhiri safari Ramadhan 1435 H di Masjid Baiturrahim Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya pada 22 Juli.(zar-humas)

Kirim Komentar

Leave a Reply