Harga Ikan di Loteng Mulai Naik

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Menjelang tibanya Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, harga sejumlah kebutuhan pokok (sembako) di pasaran mulai mengalami kenaikan. Termasuk ikan air tawar dan air laut, harganya mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Salah seorang pedagang ikan di Kelurahan Gerunung, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, H Hirzan saat ditemui Lomboktoday.co.id mengatakan, harga ikan menjelang lebaran tahun ini mulai mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan lantaran permintaan ikan menjelang lebaran yang mengalami peningkatan.

‘’Untuk harga ikan Nila saat ini saya jual dengan harga Rp23 per kilogram, ikan Karper Rp35 ribu per kilogram, dan ikan Lele Rp21 ribu per kilogram,’’ kata H Hirzan, Jumat (25/7).

Hirzan menjelaskan, bila dibandingkan dengan harga sebelum bulan Puasa Ramadhan, untuk harga ikan Nila terjadi kenaikan sebesar Rp1.000 per kilogram dari harga Rp22 ribu per kg, ikan Karper Rp33 ribu per kg (naik Rp2.000), dan ikan Lele Rp20 ribu per kg (naik Rp1.000)

Hal senada juga dilontarkan pedadang ikan laut di pasar Renteng Praya, Dian. Ia mengakui bila harga ikan saat ini mengalami lonjakan. Disamping disebabkan oleh permintaan tinggi, juga cuaca yang kurang bersahabat. Sehingga harga ikan laut menjelang lebaran tahun ini mengalami kenaikan harga.

‘’Untuk ikan laut jenis Tongkol ukuran biasa, sebelumnya dijual Rp6 ribu per ekor. Tapi sekarang sudah naik menjadi Rp12 ribu per ekor. Untuk ikan Cumi naik menjadi Rp50 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilogram (naik Rp20 ribu per kg),’’ katanya.

Meskipun harga ikan mengalami kenaikan menjelang lebaran, lanjut Dian, namun omzet terhadap penjualan ikan ini, tetap mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *