Lotim Pertama Kali Bentuk Tatib DPRD

2 minutes reading
Monday, 18 Aug 2014 17:05 0 565 Editor

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dewan Perkawilan Rakyat Daerah Lombok Timur merupakan dewan yang pertama kali membentuk tata tertib (tatib) DPRD, apabila dibandingkan dengan DPRD kab/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terbentuknya tatib dewan itu ditandai dengan pengesahan tatib DPRD Lotim dalam sidang paripurna di ruang sidang utama DPRD Lotim, Senin (18/8).

Sidang paripurna itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Lotim sementara, Daeng Paelori. Sebelum pengesahan tatib dewan tersebut, ditandai dengan pembacaan hasil kerja pansus tatib DPRD Lotim.

‘’Alhamdulillah, DPRD Lotim merupakan yang paling pertama membentuk tatib DPRD-nya, karena kami bergerak cepat,’’ tegas Daeng Paelori kepada wartawan seusai sidang paripurna DPRD Lotim, Senin (18/8).

Daeng Paelori mengatakan, dari 10 fraksi yang ada di DPRD Lotim, semuanya menyetujui terbentuknya tatib DPRD Lotim. Karena pembentukan tatib ini tentunya berpedoman pada Undang-Undang (UU) No.27 tahun 2009 dan PP No.09 tahun  2010.

Apalagi dalam tatib itu, merujuk pada tatib yang sudah ada, dan hanya melakukan perubahan sedikit saja, terutama pada poin tingkat kehadiran bupati dalam sidang paripurna DPRD Lotim pada awal dan akhir persidangan.

‘’Masalah yang krusial seperti pembahasan KUA-PPAS, laporan pertanggungjawaban dan APBD Perubahan, harus dihadiri bupati. Sehingga hal ini harus dapat dipahami,’’ ungkapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Lotim itu menjelaskan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pembahasan dan penetapan pimpinan dewan definitif. Yang memegang jabatan pimpinan dewan, diantaranya; sebagai Ketua DPRD Lotim, H Haerul Rizal dari Partai Demokrat dan tiga wakil pimpinan yakni dari Partai Golkar, Daeng Paelori, Partai Hanura, Padil Naim dan Partai Amanat Nasional (PAN), H Ridwan Bajry.

‘’Tiga parpol telah mengajukan nama pimpinannnya. Sedangkan yang belum adalah Partai Demokrat. Yang jelas, bulan Agustus ini semua alat kelengkapan dewan terbentuk dan bulan Septemnber membahas APBD induk tahun 2015,’’ ujarnya.(SR)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA