Pembebasan Lahan Pandandure Dituntaskan Sebelum Peresmian

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berjanji akan menuntaskan pembebasan lahan Dam Pandandure milik masyarakat sebelum proyek tersebut diresmikan yang rencananya pada Oktober 2014 mendatang.

Jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembebasan lahan itu mencapai sebesar Rp2,5 miliar untuk lahan dan bangunan yang bersumber dari APBD NTB.

‘’Insya Allah, pembebasan lahan akan dituntaskan sebelum peresmian Dam Pandandure tersebut,’’ kata Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Lotim, Andika Wijaya kepada wartawan di kantor DPRD Lotim, Sabtu (30/8).

Andika Wijaya menjelaskan, dari jumlah lahan yang dibebaskan, secara seluruhan seluas 430 hektare berdasarkan pengukuran yang dilakukan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan petapan lokasi seluas 417 hektare dengan jumlah bangunan mencapai 1.000 unit lebih. Dan yang masih tersisa seluas 3 hektare dan bangunan 40 unit yang berada di wilayah Santong dan Pandandure.

‘’Jumlah anggaran yang sudah dikeluarkan oleh APBD Lotim sebesar Rp73 miliar, APBD NTB sebesar Rp77 miliar dan APBN sebesar Rp1 miliar, dengan total keseluruhan mencapai Rp153 miliar. Untuk uji coba air Bendungan Dam Pandandure, akan dilakukan menteri Pekerjaan Umum (PU) antara tanggal 3 dan 5 September 2014 mendatang.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.