PNS Lotim Disosialisasi BPJS

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Untuk memberikan informasi langsung terkait hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di setiap SKPD dan kecamatan, BPJS Cabang Mataram bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menggelar sosialisasi di Rupatama kantor bupati, Kamis (11/9).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Lombok Timur, Muhammad Ali saat membuka sosialisasi yang diikuti perwakilan SKPD dan camat se-Lotim menjelaskan, sosialisasi ini penting dilakukan setelah PT Askes yang selama ini menaungi program kesehatan PNS, sejak 1 Januari 2014 berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Kepala Unit Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Ellya Sahara memaparkan pemberlakuan BPJS Kesehatan sejak Januari 2014 mengacu pada UU No.24 tahun 2011 tentang BPJS bahwa setiap PNS, pensiunan, TNI, Polri maupun perorangan bisa menjadi anggota BPJS tergantung premi yang dibayarkan.

Dipaparkan, tiga azas BPJS yang meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah azas kemanusiaan, manfaat dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan lima program utama yakni jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, pensiun dan sebagainya.

Lebih jauh Ellya menjelaskan, peserta jaminan kesehatan terbagi dua yakni peserta bukan penerima bantuan iuran dan peserta penerima bantuan iuran, terdiri atas masyarakat miskin yang memiliki kartu Jamkesmas.

Iuran bagi peserta mandiri untuk kelas I sebesar Rp59.500, kelas II Rp42.500 dan untuk kelas III berjumlah Rp25.500.

Pada acara sosialisasi itu, para peserta juga menerima ceramah dengan materi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) penyuluhan Kesehatan tentang penyakit Diabetes mellitus dari Direktur Rumah Sakit Risa Sentra Medika Selong, dr Herni Budiani.(yuni-humas/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply