Pemkab Lotim Lepas Kafilah STQ

Kabag Kesra Setdakab Lombok Timur selaku panitia pelaksana, Syahmat saat menyampaikan laporan pada acara penutupan TC sekaligus pelepasan kafilah STQ Kabupaten Lotim.

Kabag Kesra Setdakab Lombok Timur selaku panitia pelaksana, Syahmat saat menyampaikan laporan pada acara penutupan TC sekaligus pelepasan keberangkatan kafilah STQ Kabupaten Lotim.

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Bupati Lombok Timur, HM Ali BD diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Lotim, H Aminulloh, Jumat (12/9), menutup training center (TC) sekaligus melepas keberangkatan kafilah STQ Kabupaten Lombok Timur yang akan mengikuti STQ XXIII Tingkat Propinsi NTB di Sumbawa Besar.

Penutupan TC dan pelepasan kafilah itu, berlangsung di Wisma Haji Selong, Lotim, dihadiri kepala Kemenag Lotim dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Lotim.

Kabag Kesra Setdakab Lombok Timur selaku panitia pelaksana, Syahmat melaporkan, sebanyak 35 anggota kafilah akan bertolak dari Wisma Haji Selong pada Senin (15/9) dini hari. Kafilah itu akan berada di Sumbawa Besar selama enam hari, dipimpin langsung Asisten Ekonomi Pembangunan, H Aminulloh selaku ketua kafilah. Selain berlomba, Pemkab Lombok Timur juga mengikuti kegiatan pameran dan bazaar yang digelar panitia.

Kafilah terdiri dari 15 orang peserta, diantaranya; empat orang pelatih, enam orang official, tiga orang petugas Bazaar dan pameran, enam orang petugas pawai taaruf, dan seorang petugas Humas dan dekomentasi. Para peserta, kata Syahmat, telah mengikuti TC selama 24 hari yang dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama mulai 19 hinga 30 Agustsus sedangkan tahap kedua mulai 1 hingga 12 September 2014.

Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Lotim, H Aminulloh meminta pendamping untuk memberikan pelayanan terbaik pada peserta. Antara lain yang perlu menjadi perhatian, terkait dengan konsumsi peserta, yang bisa mempengaruhi semangat peserta dalam berlomba. ‘’Sepanjang tidak mengganggu vita suara atau penampilan, sebaiknya panitia bisa memenuhi selera makan peserta,’’ imbaunya.

Para anggota kafilan STQ Kabupaten Lotim.

Para anggota kafilan STQ Kabupaten Lotim saat dilepas keberangkatannya oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Lotim, H Aminulloh.

Asisten lebih jauh memaparkan, dalam kurun 15 abad, filosofi keagungan dan makna luhur isi dan kandungan Alqur’an makin terasa demikian hebat dan tak tertandingi dikaitkan dengan fenomena kehidupan, baik di seputar alam dan lingkungan, pergerakan keilmuan, perubahan budaya dan peradaban serta totalitas aktivitas sebagai hamba Allah yang teramat kecil di hadapan-Nya.

‘’Ayat demi ayat yang tertera dalam Alqur’an, Allah menyampaikan pembuktiannya, sehingga tak ada tempat atau satu ruang untuk kita semua berpaling dari keluruhan ajaran-Nya. Beragam peristiwa yang datang silih berganti di sekeliling kita atau dalam skala nasional menunjukkan bahwa qudrat dan iradat Allah di atas segalanya,’’ ungkapnya.

Ia berharap, agar melalui STQ ini, peserta akan mengenal lebih mendalam isi dan kandungan Alqur’an yang perlu dipahami, kemudian hikmahnya bisa dipetik untuk mencapai derajat kemuliaan, ketenangan hidup dan ketaqwaan yang kuat ke hadirat-Nya. Ini mengisyaratkan,bahwa ajang STQ bukanlah sekadar perlombaan yang bersifat persaingan, tapi lebih mengedepankan syi’ar agama, pelestarian Alqur’an, dan juga silaturrahmi.

Ia berpesan agar para peserta terus mengasah kemampuannya dan menjaga kesehatan, terutama sebelum berangkat maupun saat mengikuti lomba. Taatilah petunjuk para pendamping dan pelatih, agar dapat meraih prestasi yang diharapkan.

‘’Kami minta kepada pendamping dan pelatihuntuk memberikan perhatian dan pelayanan yang dibutuhkan peserta. Berikanjaminan kesehatan dan kenyamanan serta kelancaran dalam berbagai urusan bagi setiap peserta kita agar bisa tampil optimal di ajang lombananti,’’ ujarnya.(zar-humas/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply