Hutang Jatuh Tempo Lunas Terbayar

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Hutang jatuh tempo Pemerintah Kabupaten Lombok Timur  tahun 2013 sebesar Rp57 miliar lebih, telah terbayar lunas pada tahun 2014 ini. Sehingga, saat ini Pemda Lotim sudah terbebas dari hutang jatuh tempo tersebut.

Hanya saja, hutang yang dibayar Pemda Lotim yakni kepada Pusat Investasi Pusat (PIP), untuk pembangunan Pasar Masbagik, yang dibayar setiap tahun sesuai kesepakatan.

‘’Yang jelas, untuk hutang jatuh tempo sudah tidak ada lagi. Hanya hutang untuk PIP yang harus dibayar pemda setiap tahunnya bersama bunganya,’’ kata Kepala Bappeda Lotim, M Subagio kepada wartawan di kantornya, Kamis (18/9).

Subagio mengatakan, pemda memiliki keinginan untuk melakukan pembangunan lebih tinggi, ketimbang anggaran yang tersedia dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak seimbang sesuai yang diharapkan.

Dimana, dari jumlah APBD Lotim saat ini mencapai Rp1,9 triliun, untuk pembayaran gaji PNS saja mencapai sebesar Rp1,2 triliun, sedangkan untuk pembangunan mencapai Rp624 miliar. Jumlah tersebut tentu tidak berimbang.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang menyiapkan pembayaran Pasar Labuhan Lombok dengan sistim Bangun Guna Serah (BGS). Namun masih meminta kepada BPKP untuk melakukan audit, karena masih banyak yang belum dihitung.

‘’Pembangunan Pasar Labuhan Lombok dengan sistim BGS akan dibayarkan, tapi masih dilakukan audit. Setelah diaudit BPKP, tentunya pemda akan melakukan pergantian uang kepada pihak ketiga itu, untuk kemudian akan dilanjutkan  pembangunannya,’’ ungkapnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.