Garda NTB Gedor Kantor BPMP2T Loteng

HEARING: Massa Garda NTB saat hearing di kantor BPMP2T Kabupaten Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
HEARING: Massa Garda NTB saat hearing di kantor BPMP2T Kabupaten Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
HEARING: Massa Garda NTB saat hearing di kantor BPMP2T Kabupaten Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garda NTB mendatangi kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Lombok Tengah, Senin (06/10).

Aksi yang dilakukan LSM Garda NTB itu untuk mempertanyakan status atau izin sebuah tambang yang beroperasi di Dusun Ngolang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng.

‘’Maksud dan tujuan kami datang ke sini untuk mempertayakan izin atau dokumen yang dikeluarkan oleh kantor BPMP2T terhadap izin perusahaan tambang yang ada di Dusun Ngolang itu. Kami juga mempertanyakan keberadaan warga asing yang terlibat dalam  kegiatan penambangan itu,’’ kata Koordinator Garda NTB, Junaidi saat hearing di kantor BPMP2 T Loteng, Senin (06/10).

Pihaknya juga meminta Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bertindak tegas terhadap permasalah ini. Apabila pemda ingin fokus di bagian Selatan ini dijadikan zona wisata, maka di wilayah Kecamatan Pujut ini tidak boleh ada aktivitas penambangan. Sehingga, tambang yang ada di Dusun Ngolong itu supaya segera ditutup.

Sementara itu, Kepala BPMP2T Loteng, Winarto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk tetap menyelesaikan permasalahan yang ada. Bahkan, pihaknya sudah mengeluarkan surat indentifikasi dan timnya juga sudah turun lapangan ke lokasi penambangan itu.

‘’Secara lisan, kami sudah meminta supaya aktivitas penambangan itu distop. Sehingga, semua alat berat yang ada di sana akan ditarik,’’ katanya.

Adapun terkait izin terhadap perusahaan tambang itu, ia menjelaskan, pihaknya hanya mengeluarkan izin eksplorasi terhadap perusahaan penambangan tersebut, bukan izin eksploitasi. Sedangkan mengenai warga asing itu, pihaknya tidak mengetahui persis keberadaannya. Dan pihaknya berjanji akan menutup aktivitas tambang itu apabila penambangan yang dilakukan perusahaan tidak sesuai dengan izin eksplorasi yang sudah diberikan dan akan bersurat secara resmi untuk menutup tambang tersebut.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *