Walikota Dukung Pendirian AKN Mataram

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan Direktur Politeknik Negeri Bali, Made Muhdita, telah menandatangani perjanjian kerjasama terkait dengan pendirian Akademi Komunitas Negeri di Kota Mataram.

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak dilaksanakan di Pendopo Walikota Mataram, Sabtu (15/11), beberapa saat usai dilaksanakan wisuda angkatan kedua AKN Mataram.

Memasuki tahun ketiga operasionalnya, AKN Mataram menempati kampus sementara di gedung SMKPP Negeri Mataram sebagai pusat kegiatan perkuliahan.

Perjanjian kerjasama diteken oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dengan Direktur Politeknik Negeri Bali, Made Muhdita sebagai pihak yang berperan sebagai pendamping pendirian Akademi Komunitas Negeri Mataram sampai institusi ini nantinya dapat berdiri sendiri atau telah ditetapkan pendiriannya secara definitif.

Dalam perjanjian kerjasama diatur berbagai hal mengenai persiapan pendiriannya. Diantaranya; mengenai penyelenggaraan program pendidikan, penyediaan tenaga pendidik, penyiapan sarana dan prasarana pembelajaran, serta penyediaan lahan untuk kepentingan pembangunan kampus Akademi Komunitas Negeri di wilayah Kota Mataram.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh sebelum menandatangani perjanjian kerjasama mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kota Mataram siap mendukung pendirian Akademi Komunitas Negeri Mataram. Dengan berdirinya institusi pendidikan ini, diharapkan dapat ikut meningkatkan potensi SDM (sumber daya manusia) di Kota Mataram.

Sebagai kota yang tengah giat-giatnya melaksanakan pembangunan di segala bidang, peningkatan potensi SDM menjadi penting, agar tujuan pembangunan di Kota Mataram dapat segera tercapai. ‘’Kota Mataram membutuhkan SDM yang baik,’’ katanya.

Akademi Komunitas Negeri Mataram merupakan satu dari 20 institusi serupa yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan pada 2012 lalu di seluruh Indonesia, dan membuka program studi yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Dengan sistem pendidikan yang memberikan peluang kepada semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Akademi Komunitas Negeri Mataram memiliki program pendidikan Diploma I program studi di luar domisili yang meliputi pendidikan Diploma I Hotel dan Restoran, Diploma I Usaha Perjalanan Wisata, dan  Diploma I Agrowisata.(ufi/soni/ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *