Pemilihan Putri Mandalika Meriahkan Bau Nyale 2015

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pemilihan Putri Mandalika setiap tahunnya selalu diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah guna memeriahkan Festival Core Event Bau Nyale, yang menjadi angeda tahunan masyarakat Sasak, Loteng.

Menurut rencana, pembukaan pemilihan Putri Mandalika 2015 yang akan dimulai pada Rabu (04/2) itu, akan dibuka Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana di aula kantor Kementerian Agama Loteng.

Ketua Panitia Pemilihan Putri Mandalika 2015, Ahmad Rifani mengatakan, jumlah peserta yang akan diaudisi nanti sebanyak 43 orang dari 98 peserta yang sudah mendaftarkan diri. 43 orang finalis ini, sudah terseleksi melalui seleksi yang ketat yang dilakukan panitia. Dari 43 orang finalis itu, selanjutnya akan diseleksi menjadi 12 besar pada Kamis (05/2) dan pada Sabtu (07/2) mendatang, di aula kantor Kemenag dan Becingah Adiguna Praya.

Selanjutnya, dari 12 finalis tersebut akan diperciut kembali menjadi enam besar. Finalis Putri Mandalika yang masuk enam besar itu akan diumumkan serta dinobatkan sebagai Putri Mandalika 2015 pada acara Karnaval Biota Segare Lauk pada 8 Februari 2015 di Praya. Dengan demikian, akan ada enam orang finalis yang akan tereleminir.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjut Ipan, begitu Ahmad Rifani biasa disapa, diumumkan di lokasi Core Event Bau Nyale, kali ini pengumuman pemenang akan disampaikan langsung oleh panitia di sela-sela kegiatan Karnaval Putri Mandalika. ‘’Nanti diumumkan oleh dewan juri dan dinobatkan oleh Bupati atau Wakil Bupati Loteng,’’ katanya.

Sejauh ini, panitia sudah mematangkan persiapan untuk melakukan pemilihan, termasuk dewan juri yang akan digunakan untuk menilai peserta. Terkait dewan juri, Ipan mengatakan, untuk menghilangkan kesan permainan, maka panitia memutuskan menggunakan dewan juri luar dan dalam Loteng agar lebih independen dan terjaga obyektifitasnya.

‘’Dewan juri tidak hanya dari Loteng, tapi dari Loteng juga kita libatkan. Tentu dewan jurinya adalah orang-orang yang profesional. Kita jamin tidak ada konspirasi terkait pemilihan itu, sebab jurinya independen,’’ ungkapnya.

Pemilihan Putri Mandalika sendiri dilaksanakan setiap tahunnya. Biasanya materi yang akan diuji adalah wawasan pengetahuan khususnya mengenai budaya dan pariwisata di samping performance (penampilan), bakat dan minat.

Diakuinya, bagi finalis Putri Mandalika, pihak panitia berharap agar seluruhnya diakomodir oleh SKPD dalam kegiatan promosi pariwisata di luar dan dalam daerah.

‘’Kita berharap mereka tetap digunakan di setiap ajang promosi budaya dan pariwisata, baik di dalam daerah maupun luar daerah,’’ ujarnya.(ROS)

Response (1)

  1. waah selamat ya yang udah keterima menjadi putri mandalika 2015 🙂
    selamat kepada Baiq Laksmi Yudia Lestari mahasiswi UNRAM yang dinobatkan menjadi putri mandalika periode tahun ini,
    hehee maaf #latepost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *