Warga Desa Lekor Gedor DPRD Loteng

HEARING: Puluhan warga Desa Lekor saat hearing di kantor DPRD Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
HEARING: Puluhan warga Desa Lekor saat hearing di kantor DPRD Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
HEARING: Puluhan warga Desa Lekor saat hearing di kantor DPRD Loteng. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Puluhan warga Desa Lekor, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah, mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Loteng, Rabu (11/2).

Kedatangan mereka tak lain untuk mendesak Pemkab dan DPRD Loteng segera menyikapi permasalahan kasus raskin (beras miskin) dan ADD (Anggaran Dana Desa) Desa Lekor yang diduga diselewengkan oleh kepala desa setempat.

Warga juga menuntut supaya Kepala Desa Lekor, Anwar Haris diberhentikan dari jabatanya sebagai kepala desa. Karena, sejak kantor dibuka pada 26 Januari lalu hingga saat ini, oknum kades tersebut tidak pernah masuk kantor.

‘’Maksud dan tujuan kami datang ke sini bersama warga untuk menagih janji Pemda Loteng dan pihak penegak hukum supaya segera menyikapi kasus raskin dan penyelewengan ADD yang diduga dilakukan oleh kades Lekor yang menjabat saat ini,’’ kata salah seorang Anggota BPD Desa Lekor, Mustamin di kantor DPRD Loteng, Rabu (11/2).

Dengan tidak masuknya oknum kades, kata Mustamin, menyebabkan pelayanan administrasi di kantor desa Lekor saat ini tidak bisa berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat setempat.

Menanggapi persoalan ini, Kabid Pemerintahan Desa BPMD Loteng, Lalu Budiman mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat. ‘’Kami akan berkoordinasi dengan kecamatan untuk melakukan pembinaan terhadap kepala desa Lekor supaya tetap masuk kantor,’’ katanya.

Kepala Inspektorat Loteng, Aswatara menambahkan, pihaknya berjanji akan menyerahkan hasil laporan kegiatan pertangungjawaban (LKPJ) pada minggu depan ke pihak Kejaksaan Negeri Praya. ‘’Saya akan serahkan LPKJ ADD Desa Lekor pada hari Selasa minggu depan,’’ katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Loteng, Ahmad Ziadi yang menerima puluhan warga Desa Lekor mengatakan, pihaknya akan merekomendasikan agar permasalahan Desa Lekor ini segera disikapi oleh dinas terkait. ‘’Kami berharap Pemda meningkatkan pengawasannya dalam menyelesaikan desa yang bermasalah,’’ harapnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *