Pemkab Lotim Siapkan 10 PKM jadi BLUD

LOTIM, Lomboktoday.co.id –  Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menargetkan 10 PKM untuk menyandang status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

‘’Tahun ini, dari 29 PKM yang ada, sekitar 10 Puskesmas disiapkan untuk peningkatan status menjadi BLUD,’’ kata Kabid Yankes Dinas Kesehatan Lotim, Suprayitna kepada wartawan di kantornya, Rabu (18/2).

Masalah perubahan status ini, kata Surayitna, tergantung dari hasil evaluasi yang dilakukan tim penilai. Jadi, hal ini juga tak menjamin semua statusnya berubah.

Meski demikian, pihaknya berharap semua Puskemas yang ada ini, seluruhnya berstatus menjadi BLUD tersebut bisa terwujud.

Suprayitna menjelaskan, perubahan status Puskesmas menjadi BLUD ini, dimaksudkan oleh pemerintah agar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa dilakukan secara terbaik dan optimal.

‘’Kalau sudah menjadi BLUD, maka Puskesmas itu bisa melakukan pengelolaan keuangannya sendiri,’’ ungkapnya.

Terkait penilaian perubahan status ini, lanjut Suprayitna, ada indikator yang harus dipenuhi, termasuk harus memiliki standarisasi yang mendukung. Artinya, bila ada Puskesmas dinilai tak memenuhi standarisasi oleh tim penilai, maka akan dilakukan peninjauan dan evaluasi ulang.

Diantaranya standarisasi yang harus dipenuhi oleh Puskesmas dalam perubahan status menjadi BLUD yakni, masalah sarana prasarana, sumber daya manusia, serta kesiapan dari masyarakat setempat. Termasuk juga akan ditingkatkan status dua Puskesmas Plus yakni Puskesmas Keruak dan Puskesmas Aikmel.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *