Satpol PP akan Ciptakan Disiplin PNS

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Menindaklanjuti arahan Bupati Lombok Timur, HM Ali Bin Dachlan terkait disiplin pegawai negeri sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lotim segera melakukan operasi penertiban terhadap PNS yang berkeliaran di jam kerja.

‘’Kami akan segera melaksankan arahan bupati itu untuk menciptakan disiplin pegawai lingkup Pemkab Lotim,’’ kata Kasat Pol PP Lotim, Salmun Rahman kepada wartawan di kantornya, Selasa (03/3).

Salmun mengatakan, pegawai itu tidak hanya masuk kerja tanpa kerja, melainkan harus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Artinya, mengerjakan pekerjaan sesuai tupoksinya, itu baru dikatakan pegawai disiplin, dan tidak hanya sebatas apel semata.

Apalagi menurut Salmun, yang namanya pegawai itu harus bekerja di kantor, bukan berkeliaran ke mall atau pasar-pasar. Tapi faktanya di lapangan, sekarang ini masih saja dijumpai banyak pegawai yang berkeliaran di luar sana di jam kerja. Sehingga, hal ini yang nantinya akan didisiplinkan.

‘’Kalau berada di luar sana di jam kerja dalam rangka tugas, ini tidak masalah. Tapi yang menjadi masalah adalah yang berada di luar sana tanpa ada tugas. Nah, ini yang kita akan tertibkan, sebagai salah satu bentuk pengawasan,’’ ungkapnya.

Kegiatan ini juga, lanjut Salmun, guna membantu BKD dalam hal penertiban PNS yang berkeliaran di luar sana di jam kerja. Dan terhadap pegawai yang ditemukan berada di luar sana, di jam kerja itu, nanti akan diserahkan ke pihak BKD.

Namun demikian, sebelum pihaknya melakukan penertiban pegawai yang berkeliaran itu, terlebih dahulu pihaknya ingin menertibkan institusi yang dipimpinnya.

‘’Sebelum kami bergerak, kami harus disiplin dulu. Apalagi Ssatpol PP merupakan potret disiplin PNS. Termasuk juga kami akan menertibkan para calo, khususnya calo yang berasal dari PNS. Kalau ada hasil, nanti kita akan serahkan ke intitusi inspektorat dan BKD,’’ ujarnya.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.