Peringatan HKG PKK ke 43 Provinsi NTB Berlangsung Meriah

NASI TUMPENG: Wakil Ketua TP PKK NTB, Hj Syamsiah Muh Amin saat memotong nasi tumpeng.
NASI TUMPENG: Wakil Ketua TP PKK NTB, Hj Syamsiah Muh Amin saat memotong nasi tumpeng.
NASI TUMPENG: Wakil Ketua TP PKK NTB, Hj Syamsiah Muh Amin saat memotong nasi tumpeng.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 tingkat Provinsi NTB berlangsung meriah. Kegiatan diwarnai berbagai kegiatan, seperti gelar produk unggulan daerah, lomba peragaan busana kerja berbahan kain tenun tradisional yang diikuti para kader PKK dan penampilan paduan suara TP PKK Kota Mataram.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Graha Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur NTB, Rabu (04/3) itu, dihadiri Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin, Wakil Ketua TP PKK NTB, Hj Syamsiah Muh Amin, Ketua TP PKK kabupaten/kota se-NTB dan para kader PKK.

Ketua Panitia Penyelenggara, Hj Siti Aisyah M Nur melaporkan, peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-43 ini, merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan TP PKK NTB. Rangkain kegiatan itu diantaranya melakukan roadshow ke seluruh kabupaten/kota se-NTB. Sementara, tujuan roadshow adalah untuk mendorong semangat TP PKK kabupaten/kota dan para kader PKK, untuk terus berupaya memberdayakan kesejahteraan keluarga.

Roadshow dikemas dengan tajuk Semarak PKK KB-Kesehatan. Melalui roadshow dilakukan berbagai kegiatan, seperti sosialisasi perlindungan perempuan terhadap KDRT, pelayanan KB gratis, pemberian bantuan makanan untuk ibu hamil dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, TP PKK NTB juga melakukan kampanye keliling anti korupsi bagi kaum perempuan, sosialisasi pendewasaan usia perkawinan (PUP), dan menggelar berbagai lomba pesertanya merupakan anggota TP PKK kabupaten/kota, serta para kader PKK.

Lomba-lomba diantaranya lomba tertib administrasi PKK, Lomba Hatinya PKK, Lomba UP2K-PKK, Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat.

‘’Kesemuanya, dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta TP PKK  dalam melaksanakan 10 program PKK di daerah,’’ kata isteri Sekda NTB ini.

Peringatan HKG PKK Ke-43 tahun 2015 ini mengusung tema ‘’Dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-43, Kita Satukan Langkah Nyata dalam Upaya Meningkatkan Keluarga Indonesia Yang Lebih Sejahtera’’.

Di waktu yang sama, Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Syamsiah M Amin menyampaikan, peringatan HKG PKK ini tidak sekedar untuk kemeriahan sesaat. Namun merupakan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK, dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Sejalan dengan tema, ke depannya TP PKK di seluruh NTB diharapkan bisa lebih meningkatkan pengabdian dan kerjasama sebagai mitra pemerintah. Hal ini guna mendukung seluruh pelaksanaan program pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Yaitu, dengan cara mengevaluasi apa yang telah dilakukan oleh TP PKK selama setahun ini, dan keberhasilan yang telah dicapai. Ia juga menyampaikan harapan, agar pemerintah daerah bisa terus memberikan dukungan dan fasilitas kepada PKK.

‘’Saya mengharapkan kepada bapak gubernur, bupati dan walikota selaku ketua pembina tim penggerak PKK kiranya berkenan memberikan bimbingan, dukungan dan fasilitasi sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik,’’ katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin mengatakan, para perempuan di NTB harus mampu menjadi motivator bagi keluarga dan masyarakat. Khususnya dalam membentuk ketahanan keluarga dan meningkatkan kesejahteraannya. Seperti, turut mencegah tindak pidana korupsi yang dimulai dari lingkungan keluarga.

Menurut Wagub, modal dasar meningkatkan harkat dan martabat suatu bangsa adalah ketahanan keluarga. Karenanya, penguatan peran perempuan sangat penting untuk terus dilakukan. Terutama, oleh para kader dan anggota TP PKK. Dalam hal ini, pemerintah akan terus berupaya memberikan dukungan, bimbingan, dan memfasilitasi program-program PKK.

‘’Kedepan, kami berharap program kerja TP PKK se-Nusa Tenggara Barat, akan semakin responsif, kreatif dan bermanfaat nyata bagi masyarakat dan daerah ini. dalam hal ini, TP PKK, memiliki tugas besar untuk memastikan program-programnya benar-benar menyentuh masyarakat, tidak bersifat seremonial semata, serta dapat memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,’’ ungkapnya.(ann/ar/dra/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *