Antusias Masyarakat Buat KK-Akte Kelahiran Tetap Tinggi

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Antusias masyarakat Lombok Timur untuk membuat Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran, dari tahun ke tahun semakin tinggi. Hal ini terlihat jumlah masyarakat yang mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Timur, setiap hari mencapai 400 orang lebih.

‘’Animo masyarakat kita yang membuat KK dan Akte Kelahiran masih tinggi,’’ kata Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Lotim, Anggaraini kepada wartawan di kantornya, Selasa (17/3).

Anggaraini mengatakan, masyarakat yang membuat KK ini, selain perubahan status, juga terkait penambahan warga di KK itu. ‘’Kalau salah pun, masyarakat mau datang ke kantor ini untuk melakukan perubahan. Bahkan yang belum punya pun, mereka tetap berupaya untuk memiliki KK tersebut. Atas dasar ini, juga sebagai salah satu indikator kita katakan kalau antusias masyarakat dalam membuat KK itu masih tinggi,’’ ungkapnya.

Bahkan terhadap masyarakat yang pergi keluar negeri pun, menurut Anggaraini, jika mereka pulang harus lapor untuk mendapatkan kembali Kk-nya yang sudah diganti. Bagi yang tidak melapor lebih dari 30 hari, maka mereka diberikan sanksi.

Hanya saja, terkait hal ini membutuhkan sosialisasi secara terus-menerus. Kalaupun terjadi keributan terkait pembuatan KK, hanya yang berkaitan dengan masalah perkawinan dan perceraian. Karena, kalau KK tidak diperbaharui, juga menimbulkan permasalahan terkait peningkatan jumlah penduduk.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.