Jangan Hanya Sekadar Seremoni Urus Beras

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Hampir setiap pecan, jajaran TNI AD Kodim 1615 Lombok Timur, sejak dilibatkan untuk menjaga ketahanan pangan, makin mngaktifkan diri melakukan pendekatan kepada masyarakat, demi suksesnya kegiatan suasembada pangan.

Seperti yang dilakukan pada Rabu lalu (08/4), di wilayah Kecamatan Labuhan Haji, Lotim, anggota TNI AD Kodim 1615 Lotim ikut melakukan kegiatan panen raya bersama Kelompok Tani Hujan Harapan.

‘’Keberadaan kami di tengah-tengah masyarakat semoga membawa dampak yang baik, khususnya bagi para petani, dan kami harapkan kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan secara seremoni semata,’’ kata Komandan Kodim (Dandim) 1615 Lombok Timur, Letkol Arm Rama HB kepada wartawan di kantornya, Jumat (10/4).

Rama mengatakan, dalam setiap kegiatan panen raya maupun tanam perdana, pihaknya selalu memberikan ruang tanya jawab dengan para petani, terutama dalam menyerap aspirasi masyarakat.

‘’Kerap kali di dalam dialog, petani dalam aspirasinya meminta supaya diberikan mesin perontok padi. Tapi kami menyarankan untuk membuat proposal untuk diajukan ke Dinas Pertanian. Dan kami siap mengawal proposal para Kelompok Tani itu,’’ ungkapnya.

Sedangkan terkait masalah pupuk yang selalu menjadi permasalahan yang dialami petani, menurut Rama, pihaknya akan terus melakukan pengawalan terkait masalah pupuk. Ini semua dilakukan demi kesuksesan yang akan diperoleh oleh para petani.

Dalam kegiatan panen raya itu pun Dandim memerintahkan seluruh anggota Babinsa untuk terus memaksimalkan perannya di tengah-tengah masyarakat. Pihaknya sangat berharap keberadaan Babinsa yang selalu dekat dengan masyarakat, dapat memberi dampak positif.

Evaluasi dan tindaklanjut dari persoalan yang ada, salah satu kunci keberhasilan, meski pencaian target belum maksimal. Namun, dirinya optimis apa yang dilakukan bersama para petani dalam meningkatkan suasembada pangan, akan terwujud.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.