Presiden Jokowi Tinjau Mandalika Resort

TINJAU KEK: Presiden RI, Jokowi (dua dari kiri) saat meninjau KEK Mandalika Resort di Pantai Tanjung A'an Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng. (Foto: Ahyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
TINJAU KEK: Presiden RI, Jokowi (dua dari kiri) saat meninjau KEK Mandalika Resort di Pantai Tanjung A'an Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng. (Foto: Ahyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)
TINJAU KEK: Presiden RI, Jokowi (dua dari kiri) saat meninjau KEK Mandalika Resort di Pantai Tanjung A’an Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng. (Foto: Ahyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Presiden RI, Joko Widodo didampingi istrinya, Hj Iriana Jokowi bersama sejumlah pejabat negara dan Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, yang berada di wilayah Kecamatan Pujut, Loteng, Jumat (10/4), sekitar pukul 10.00 Wita.

Kehadiran Presiden Jokowi ke NTB ini, juga serangkaian untuk menghadiri kegiatan puncak perayaan event Tambora Menyapa Dunia (TMD) yang dipusatkan di Doro Ncanga, Desa Doro Peti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, pada Sabtu besok (11/4).

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan istri, Hj Iriana Jokowi bersama pejabat negara lainnya tiba di Lombok, NTB, pada Kamis sore (09/4), sekitar pukul 18.00 Wita, dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, disambut Gubernur NTB, TGH M Zaenul Majdi di ruang VIP Bandara Internasional Lombok (BIL).

Presiden RI, Jokowi mengatakan, pihaknya merasa terkagum-kagum melihat keindahan kawasan yang ada di KEK Mandalika Resort sepanjang 14 kilomter ini. Potensi keindahan alam yang ada di wilayah NTB ini, kedepannya akan menjadi masa depan pariwisata Indonesia.

Itu sebabnya, pemerintah sudah memberikan dana suntikan dari APBN sebesar Rp250 miliar kepada ITDC untuk pengembangan KEK Mandalika Resort dalam hal pembangunan infrastruktur dasarnya. Dan tahun depan, pihaknya juga berjanji akan memberikan suntikan dana untuk pengembangan KEK Mandalika Resort ini sebesar Rp1,8 triliun.

‘’Dengan dana ini, kita targetkan pembangunan infrastruktur dasar semuanya bisa rampung,’’ kata Presiden Jokowi kepada wartawan disela-sela meninjau KEK Mandalika Resort, di Pantai Tanjung A’an, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng, Jumat (10/4).

Presiden Jokowi menjelaskan, pengembangan pembanguan KEK Mandalika Resort ini akan dilakukan secara vararel. Sehingga, apabila sudah selesai semua infrastruktur dasarnya, baru akan didatangkan investor.

‘’Total jumlah anggaran untuk pengembangan KEK Mandalika Resort ini mencapai sekitar Rp36 triliun,’’ ungkapnya.

Pembangunan KEK Mandalika Resort ini sudah hampir 6 tahun belum juga selesai dikerjakan. Sehingga, pemerintah memberikan dukungan dana untuk mensupport pengembangan KEK Mandalika Resort, terutama dalam pembangunan infrastruktur dasarnya.

‘’Kenapa pengembangan KEK ini kita laksanakan di wilayah NTB? Karena di NTB, terutama bagian Selatan merupakan potensi pusat pariwisata yang bisa dikembangkan. Selain itu, potensi pariwisata yang ada di wilayah NTB ini berbeda dengan pontensi pariwisata yang ada di daerah lainnya di Indonesia,’’ ujarnya.(ROS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *