Bhabinkamtibmas Belum Bekerja Maksimal

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Bhabinkamtibmas Polres Lotim yang ditugaskan di setiap desa/kelurahan yang ada di wilayah Lombok Timur, hingga saat ini belum bekerja maksimal sebagaimana yang diharapkan oleh pimpinan.  Hal ini disebabkan karena belum memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Sehingga, ini yang menjadi permasalahan di lapangan.

‘’Kami akui memang Bhabinkamtibmas belum bekerja maksimal, sehingga kami harus pacu lagi mereka ini,’’ kata Kapolres Lotim, AKBP Heri Prihanto melalui Kasubag Humas Polres Lotim, AKP I Komang Samia kepada wartawan di kantornya, Sabtu (11/4).

Komang Samia mengatakan, keberadaan Bhabinkamtibmas menjadi garda terdepan Polri dalam menjalankan tugas Polri di lapangan, karena langsung terjun bersama-sama masyarakat yang ada di desa/kelurahan sesuai tempat mereka ditugaskan. Yakni dengan bersatu padu bersama Bhabinsa maupun pemerintah desa untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Karena, tugas Polri sebagai abdi masyarakat dan negara, termasuk sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, harus mutlak dilaksanakan.

‘’Tidak semua Bhabinkamtibmas mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Padahal, pimpinan sudah menggariskan sekecil apapun masalah yang ada di masyarakat, harus diketahui,’’ ungkapnya.

Mantan Kapolsek Sikur ini menjelaskan, kendala yang seringkali dihadapi para Bhabinkamtibmas terutama tempat tinggalnya, sehingga pada saat ada kejadian seringkali para Bhabinkamtibmas tidak mengetahui dan tidak berada di tempat. Padahal, keberadaan Bhabinkamtibmas itu harus melekat. Sehingga, apapun kejadian yang terjadi, tidak boleh terlewati.

‘’Permasalahan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi pimpinan kedepannya mengenai keberadaan Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di desa/kelurahan,’’ ujarnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.