Gubernur NTB: Selalu Kedepankan Akuntabilitas dan Integritas

3 minutes reading
Tuesday, 21 Apr 2015 19:04 0 623 Editor
Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi saat menerima jajaran KPU NTB.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi (kiri) saat menerima jajaran KPU NTB di ruang kerjanya, Selada (21/4).

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi menerima jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat, di ruang kerjanya, Selasa (21/4).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori didampingi dua komisionernya serta Sekretaris KPU NTB, Mars Ansory Wijaya melaporkan kepada gubernur, bahwa NTB akan menjadi tuan rumah kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang digagas oleh KPU RI.

Sesuai agenda, rencananya kegiatan Bimtek itu akan dihadiri oleh 600 orang peserta terdiri dari KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota serta Bawaslu provinsi dan Panwaslu kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pemilukada serentak tahun 2015.  Bimtek ini akan berlangsung pada 27-30 April 2015 mendatang di Hotel Lombok Raya Mataram.

Pada kesempatan bertemu langsung dengan gubernur siang tadi, Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori secara khusus juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah memberikan dana hibah kepada KPU NTB.

Aksar Anshori mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan supervisi maupun koordinasi pelaksaaan Pemilukada di tujuh kabupaten/kota se-NTB yang diagendakan akan berlangsung secara serentak tahun ini, yang tahapannya akan dimulai pada Mei 2015 mendatang.

Disamping dana hibah dari Pemprov NTB, KPUD NTB juga mengucapkan terima kasihnya kepada gubernur atas hibah asset Pemprov NTB berupa sebidang tanah di wilayah Lingkar Selatan yang rencananaya akan digunakan untuk membangun Kantor KPU NTB.

Menanggapi hal itu, Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi yang pada siang itu didampingi Assisten Administrasi Umum dan Kesra, HL Syafi’i dan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Provinsi NTB, Lalu Dirjaharta menyampaikan dukungannya demi kesuksesan kerja KPU dalam Pemilukada di NTB, melalui perangkat kesekretariatan di KPU Provinsi NTB.

Ia meminta semua pihak berkoordinasi dengan baik. Mengingat Pemilukada secara serentak di tujuh kabupaten/kota se-NTB kali ini, merupakan hal yang cukup penting. Karena, ada beberapa perbedaan peraturan yang digunakan dalam menentukan pemenang Pemilukada.

Untuk itu, dirinya berpesan secara khusus kepada pihak KPU NTB, agar proses rekrutmen partisan tidak memihak kepada calon pasangan tertentu. Artinya, akuntabilitas dan integritas dari seluruh perangkat penyelenggara KPU harus betul-betul dipastikan bagus.

Lebih lanjut, orang nomor satu di NTB ini mengajak semua pihak untuk mengedepankan profesionalitas, mengingat Pemilukada mendatang ini akan banyak calon incumbent yang ikut bertarung. Sementara terkait hibah tanah Pemprov NTB bagi pembangunan gedung KPU NTB, Tuan Guru Bajang (TGB), begitu gubernur NTB ini biasa disapa berharap supporting dari Pemprov NTB itu segera diikuti dengan komitmen KPU pusat untuk pemanfaatan lahan. ‘’Sesegera mungkin saya harap dapat terealisasi pembangunan gedung KPU NTB,’’ ungkapnya.(ar/dra/ltd)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA